Batu, (bisnissurabaya.com)- Para guru dan orang tua agar menjaga setiap tindakan anaknya yang berkaitan dengan Gadget. Mengingat penggunaan gadget yang berlebihan tanpa pengawasan akan membahayakan tumbuh kembang dan perilaku maupun kesehatan anak.

Hal tersebut disampaikan Ketua TP PKK Provinsi Jatim Arumi Emil Elestianto Dardak saat membuka Konferensi Kerja III IGTKI – PGRI Jatim  di Hotel Metropole Batu, Jumat (3/1).

Ia mengatakan, para guru dan orang tua hendaknya terus mengawasi setiap gerak gerik anaknya, terutama saat menggunakan gadget baik di rumah maupun di setiap kegiatannya.

Untuk itu, para guru dan orang tua hendaknya dapat memfungsikan gadget sesuai porsinya.

Menurutnya, penggunaan gadget haruslah diberi batasan. Jika perlu diberi pendampingan setiap anak dalam memegang gadget. Karena, banyak konten negatif yang dengan mudah seringkali dianggap membahayakan bagi proses pendidikan anak.

“Pemanfaatan penggunaan gadget bisa dilakukan untuk keperluan dan kepentingan belajar bagi anak. Maka, guru IGTKI harus berperan aktif dan menjadi benteng dalam mendampingi anak dari bahaya gadget,” tegasnya.

Dihadapan para guru dan pengawas IGTKI-PGRI, Arumi menyampaikan  sebagai Ketua TP PKK Prov. Jatim dirinya akan memfokuskan kegiatannya pada bidang pendidikan dan kreatifitas. Oleh karena itu, pendidikan di semua jenjang termasuk TK menjadi kewajiban bagi PKK untuk bisa berpartisipasi dan berkontribusi di dalamnya.

“Kehadiran kami sebagai Ketua PKK Jatim ingin mengetahui setiap kegiatan dari para guru IGTKI-PGRI yang ada di daerah dan bisa di sinergikan,” imbuhnya.

Sementara itu Arumi menambahkan, peran serta IGTKI-PGRI sangat berarti dan bermakna kehadirannya di lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), khususnya di Taman Kanak-Kanak (TK).

Untuk itu diharapkan, program-program IGTKI harus mengakomodir seluruh kepentingan dan kebutuhan kabupaten/kota sekaligus dapat disinkronkan dan disinergikan dengan Pemprov Jatim.

Senada dengan Arumi, Ketua IGTKI-PGRI Prov Jatim Suprihatin, sependapat penggunaan gadget bagi PAUD harus menjadi perhatian  para guru dan orang tua. Terlebih, penggunaan gadget yang berlebihan akan mengakibatkan gangguan terhadap kesehatan anak. Untuk itu, penggunaan gadget harus dibatasi mulai anak usia dini. (sam)