Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Sepanjang 2019, Pemerintah Kota/Pemkot Surabaya berhasil meraih kembali enam aset yang sempat lepas ke pihak lain. Keenam asset itu berhasil diselamatkan lewat Kejaksaan Tinggi/Kejati Jawa Timur/Jatim. Dalam pemaparan capaian kinerja 2019 Kejati Jatim menyatakan keenam aset milik Pemkot Surabaya yang berhasil diselamatkan kejati Jatim, diantaranya Gelora Pancasila, Jalan Kenari, Jalan Upa Jiwa, YKP dan PT Yekape senilai Rp 10 triliun lebih.

Kajati Jatim, Muhammad Dhofir, mengatakan, dari keenam aset tersebut, aset YKP dan PT Yekape yang paling tinggi dengan nilai aset Rp 10 triliun. Selebihnya aset Jalan Kenari dan Jalan Upa Jiwa masing-masing senilai Rp 17 miliar.

Selain penyelamatan enam aset tersebut, selama 2019 juga diwarnai lima perkara korupsi yang paling menonjol. Kelima perkara tersebut antara lain, kasus korupsi pengadaan kapal Floting Crane, dana hibah proyek Jasmas, KUR Bank Jatim Jombang, OTT BPPKAD Gresik dan korupsi percetakan di Trenggalek. Selain telah mengungkap lima perkara korupsi besar yang saat ini kejati Jatim terus melakukan penyidikan kasus korupsi P2SEM yang terjadi pada 2008. (agung/stv)