Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Kesiapsiagaan dan ketanggapdaruratan terus dilakukan Pemerintah Provinsi/Pemprov Jawa Timur/Jatim dalam mengantisipasi terjadinya bencana. Berbagai langkah dilakukan untuk mengantisipasi bencana. Salah satunya, dengan menyiapkan help desk call center untuk tanggap terhadap bencana dan perkembangan cuaca yang terjadi. “Help desk call center ini merupakan layanan informasi/pengaduan yang berkaitan dengan bencana alam dapat menghubungi call center dan medsos Pemprov Jatim,” kata Plt Kepala Biro Humas dan Protokol Aries Agung Paewai, di Surabaya, Kamis (2/1).

Menurut dia, ada call center Pemprov Jatim terkait bencana, online di twitter: @JatimPemprov dan facebook: Pemprov Jawa Timur. Aries menjelaskan, setelah call center memperoleh informasi, masukan, harapan dari masyarakat, maka petugas call center yang bekerja 24 jam akan mendeliver hal tersebut kepada organisasi perangkat daerah (OPD) teknis. Diantaranya BPBD, Dinkes, Dinsos, Dinas PUSDA, Dinas PU Bina Marga, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kehutanan, Bakorwil untuk penanganan lebih lanjut.

“Koordinasi dan sinergi antar OPD terkait sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi bencana di Jatim. Harapannya dengan adanya help desk call center ini bisa menjadi langkah untuk mengatisipasi ataupun menangani bencana,” pungkasnya. (bw)