Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Badan pendidikan ini diharap dapat mencetak sumber daya manusia (SDM) aparatur sipil negara (ASN) yang handal dan profesional. Utamanya SDM yang diperlukan

di lingkungan Pemprov Jatim.

Sekertaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jatim, Ir. Heru Tjahjono, meminta agar Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Prov. Jatim tidak kalah dalam memberikan pelayanan pendidikan dengan lembaga yang lain. Mengingat dalam menciptakan SDM, badan ini sebagai kawah candradimukanya para ASN. Dan diharap dapat memberikan pelayanan terbaik bagi para peserta pendidikan dan pelatihan (Diklat).

“BPSDM Jatim tidak boleh kalah dengan lembaga pendidikan lainnya. Oleh sebab itu, tugas Kepala BPSDM yang baru harus memperhatikan itu,” ujar Sekdaprov Jatim Ir. Heru Tjahjono saat memberikan pengarahan dan pisah sambut Kepala BPSDM Prov. Jatim di Balongsari Tama, Surabaya, Kamis (2/1).

Untuk mewujudkan keinginan itu, mantan Bupati Tulungagung itu berkeinginan agar performance para ASN BPSDM harus bisa berbenah. Apalagi, sebut Heru Tjahjono, masalah performance memegang peranan penting dalam penyelenggaraan sebuah pemerintahan. Terutama yang notabene memiliki tugas penting dalam memberikan pendidikan kepada ASN.

“Sebagai contoh, untuk meningkatkan performance, para pegawai disini harus memakai seragam yang rapi, kalau perlu memakai dasi. Intinya performance awal harus diutamakan,” ujarnya.

Heru, menyoroti bangunan-bangunan yang ada di BPSDM Jatim. Menurutnya, kebersihan dan kerapian harus dijaga. Sebagai contoh, tidak adanya debu di setiap sudut bangunan. “Tidak kalah pentingnya adalah toilet. Harus dijaga kebersihannya,” paparnya.

Dengan menjaga hal yang simpel, maka secara tidak langsung akan mendukung BPSDM dalam mencetak pejabat pada tahun mendatang dengan kompetensi, integritas dan loyalitas yang handal.

Sementara itu, Kepala BPSDM Jatim, Aries Agung Paewai menuturkan dengan adanya pengarahan Sekdaprov dapat memotivasi para ASN di lingkungan BPSDM Jatim.

“Pengarahan dari Pak Sekda akan memberikan semangat tersendiri bagi para ASN untuk bekerja lebih baik lagi,” tutur Aries Agung Paewai yang juga sebagai Plt. Kepala Biro Humas dan Protokol Jatim itu. (sam)