Banyuwangi, (bisnissurabaya.com)- Penumpang kereta api (KA) dari Banyuwangi menuju kota-kota di Jawa Timur/Jatim mendapat fasilitas istimewa. Memasuki arus balik libur Natal dan Tahun Baru/Nataru, penumpang KA yang berangkat dari stasiun Banyuwangi Kota mendapatkan layanan cek kesehatan gratis, Kamis (2/1). Cek kesehatan meliputi konsultasi medis, cek gula darah hingga kolesterol. Tujuannya, memastikan kesehatan penumpang sebelum menaiki gerbong kereta.

‘’Ini bagian dari pelayanan PT KAI Daop IX Jember untuk penumpang. Mereka kami berikan layanan kesehatan gratis sebelum naik kereta,’’ kata Humas PT KAI Daop IX Jember, Mahendro Terang Bawono. Menurut dia, cek kesehatan gratis ini dilakukan di tiga titik wilayah Daop IX Jember. Masing-masing Stasiun Jember, Banyuwangi Kota dan Stasiun Probolinggo.

Cek kesehatan gratis dilayani oleh tiga tenaga medis dan satu dokter.  Bagi penumpang yang merasakan keluhan kesehatan langsung mendapatkan layanan dari tenaga medis yang tersedia. Cek kesehatan gratis ini melengkapi layanan pos kesehatan yang sudah ada di setiap stasiun KA. Pihaknya berharap, ceke kesehatan gratis ini memberikan kenyamanan penumpang yang akan menempuh perjalanan jauh menggunakan moda transportasi kereta api.

Ditambahkan, arus balik libur tahun baru masih terasa di wilayah Daop 9 Jember. Mulai 19 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020, lanjut Mahendro, pihaknya sudah mengangkut 136.000 penumpang. Jumlah ini naik sekitar 5 persen dari tahun sebelumnya yang hanya 128.000 penumpang.  Paling banyak penumpang pada KA lokal, jurusan Banyuwangi-Jember, jelasnya. KA lokal ini, kata dia, banyak diserbu penumpang lantaran harga tiket yang murah dan menghubungkan Banyuwangi-Jember. Pihaknya memprediksi, arus balik ini akan terus berlanjut hingga Minggu (5/1) mendatang. Selama musim arus balik, pihaknya menyiagakan petugas khusus untuk pengamanan dan pelayanan di kereta api. (udi)