Tuban, (bisnissurabaya.com) – Sersan ini mendadak viral. Ada apa? Ternyata, Anggota Tentara Nasional Indonesia/TNI, Angkatan Darat/AD di Kabupaten Tuban, ini terpilih menjadi Kepala Desa/Kades, dan di arak dengan naik traktor, menuju Koramil, dimana dia bertugas sebelum terpilih menjadi kades. Arak-arakan warga dan perangkat desa itu, langsung disambut upacara kemiliteran, sebagai penghormatan serta pengantar tugas dari TNI, untuk rekannya yang menjadi kades. Inilah sosok sersan kepala/Serka Mulyono, anggota Babinsa yang viral di media social, saat terpilih menjadi kepala desa dimana ia tugas menjadi Babinsa. Warga Desa Dahor, Kecamatan Grabagan, Tuban, yang bangga memiliki kades dari anggota TNI, sehingga mengarak Kades baru tersebut, dengan menaikkan traktor menuju halaman Koramil Rengel.

Usai diarak warganya, Babinsa tersebut langsung dilakukan upacara kemiliteran, sebagai bentuk penghormatan kesatuan kepada anggotanya yang terpilih menjadi kades. Dihadapan puluhan anggota TNI/Polri serta forcopimca setempat, anggota Babinsa itu digantikan seragam dari anggota TNI, berganti seragam dinas Kepala Desa.

Usai upacara penghormatan dan pengantar tugas Babinsa teladan itu, puluhan anggota Babinsa yang masih dinas, langsung memanggul Serka Mulyono, sebagai bentuk rasa bangga kepada rekannya. dengan suka ria puluhan Babinsa itu, langsung memanggul kades berlatar belakang babinsa itu.
Serka Mulyono, yang dikenal ramah dan santun itu, saat menjabat sebagai babinsa di desa tersebut selama sembilan tahun, bergelut membangun desa bersama warga serta pemerintah desa. Dari keuletannyalah warga yakin dan percaya, Serka Mulyono mampu memimpin desanya.

Danramil Rengel, Kapten Inf Istoha, mengatakan,
dengan terpilihnya Serka Mulyono, menjadi Kepala Desa, membuktikan bahwa program Bimter yang dilaksanakan berhasil. Maka dari itu, para babinsa yang lain perlu meneladani Serka Mulyono, yang terpilih menjadi Kades, setelah mengabdikan dirinya dimana dia bertugas. (mulyanto/stv)