Surabaya, (bisnissurabaya.com) Flashmob tari remo masal dengan 2.655 penari memecahkan rekor muri. Pemecahan rekor yang di selenggarakan Universitas Negeri Surabaya/UNESA, ini sebagai peringatan Dies Natalis ke-55 dan untuk menanamkan budaya luhur generasi muda agar tari remo bisa lestari.

Sebanyak 2.655 peserta dari berbagai elemen menampilkan tari remo di halaman Gedung Rektorat Unesa Kamis (19/12) pagi. Tari remo masal ini menggunakan pakaian casual dengan celana jeans dan kaos warna putih ini berhasil memecahkan rekor muri kategori Flashmob unsur tari remo dengan jumlah penari terbanyak.

Pemecahan rekor muri ini merupakan peringatan Dies Natalis Unesa ke-55 tahun.
Rektor UNESA Prof Dr Nurhasan menjelaskan, kegiatan ini melibatkan berbagai elemen. Mulai kalangan akademika, tokoh masyarakat dan 17 sanggar serta masyarakat sekitar yang peduli terhadap budaya bangsa. Nurhasan juga menjelaskan dipilihnya tari remo dalam pemecahan rekor ini karena tari remo merupakan salah satu tarian yang seringkali ditampilkan untuk menyambut tamu, dan merupakan salah satu warisan budaya bangsa.

Nurhasan, berharap dengan pemecahan rekor tersebut tradisi Jawa Timur/Jatim semakin terwarisi dan nilai- nilai luhur yang ada dibalik tradisi tersebut bisa ternanam dibenak generasi muda. (irwan/stv)