Surabaya, (bisnissurabaya.com)- Obyek pariwisata di Jawa Timur/Jatim dapat perhatian khusus. Karena itu, XL berupaya melaksanakan fiberisasi jaringan di seluruh kabupaten/kota di provinsi ini. Langkah strategis ini searah dengan upaya memaksimalkan kualitas layanan data, mengingat trafik penggunaan layanan data oleh pelanggan di wilayah ini mengalami peningkatan. Dengan fiberisasi, kapasitas jaringan data XL bisa diperbesar. sehingga bisa menopang kebutuhan pelanggan perorangan dan dunia usaha, termasuk untuk mendukung pengembangan industri wisata dan ekosistemnya. Apalagi, di sepanjang 2019 Jatim menjadi tuan rumah berbagai event bertaraf nasional dan internasional, yang membutuhkan dukungan infrastruktur layanan data yang memadai.

Group Head East Region XL Axiata, Bambang Parikesit mengatakan, rencana pembangunan yang berbasis pariwisata di Jatim cukup besar dan ekspansif. Beberapa agenda besar juga ditetapkan beberapa pemerintah daerah. “Sebagai operator XL tidak mau ketinggalan untuk berpartisipasi nyata dengan menyediakan jaringan terbaik. Bagi kami, pengembangan industri pariwisata akan membuka peluang secara bisnis. Sehingga kami pun antusias untuk meningkatkan kualitas jaringan antara lain dengan fiberisasi,” kata Bambang, di Surabaya Selasa (17/12) siang.

Dia menjelaskan, proses fiberisasi telah terlaksana di sebagian besar wilayah Jatin dan tidak lama lagi seluruh jaringan XL di wilayah ini akan terfiberisasi, termasuk Surabaya sebagai kota terbesar sekaligus ibukota Jatim. Menurut dia, pembangunan jaringan layanan data di Jatim juga disesuaikan dengan arah pembangunan yang ditetapkan pemerintah setempat. Fiberisasi ini juga perlu XL laksanakan karena pertumbuhan trafik data yang cukup tinggi di seluruh Jatim. Untuk tingkat kota/kabupaten yang ada di Jatim, sudah hampir seluruh jaringan data yang ada telah dilakukan fiberisasi. Termasuk daerah tujuan wisata utama seperti Surabaya, Telaga Sarangan di Magetan, Gunung Bromo di Probolinggo, Jatim Park di kota Batu, dan Pantai-pantai serta Gunung Ijen di Banyuwangi. Dalam setahun terakhir, trafik data di seluruh Jatim meningkat sekitar 60 persen. Jumlah pelanggan data juga terus meningkat, dan saat ini mencapai 82 persen dari total pelanggan di provinsi ini.

Layani Akhir Tahun Dengan jaringan yang telah terfiberisasi, Bambang menegaskan, XL siap melayani pelanggan yang akan menikmati liburan akhir tahun di berbagai tempat wisata populer di Jatim. Antara lain, Surabaya, Malang, Batu dan Banyuwangi. Tahun lalu, trafik data meningkat sekitar 80 persen dibandingkan hari-hari biasa. Untuk liburan nanti, kami memprediksi akan terjadi kenaikan trafik sekitar 15 persen di layanan data, dengan layanan streaming video/musik, instant messenger, gim, dan media sosial akan mendominasi. Akses ke peta digital seperti Google Map dan Waze juga kemungkinan akan mengalami peningkatan.

Saat ini XL di Jatim memiliki pelanggan 5,5 juta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 11.000 BTS termasuk lebih dari 6.500 BTS 3G dan lebih dari 4500 BTS 4G. Jaringan 4G LTE XL juga terus diperluas, dan saat ini sudah mencapai lebih dari 38 kota/kabupaten. XL juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.

Selain jaringan yang dipersiapkan secara optimal, XL East Region juga menyediakan sejumlah produk layanan terutama data untuk menjawab beragam kebutuhan masyarakat pada saat merayakan liburan akhir tahun. Untuk pelanggan layanan prabayar XL, terdapat paket unggulan seperti paket Xtra Combo Lite, Xtra Kuota, serta Xtra Combo.  Sedangkan untuk layanan AXIS, terdapat produk Bronet 24 Jam,4G Owsem, Voucher Internet AIGO.  Pada layanan pascabayar, pelanggan bisa mendapatkan manfaat dari program XL Prioritas. Seluruh produk ini terbukti mampu meningkatkan penetrasi layanan XL Axiata oleh semua tingkatan usia sesuai dengan kebutuhan masing-masing. (bw)