Bojonegoro, (bisnissurabaya.com) – Dalam Festival Belimbing yang digelar di Agrowisata Belimbing Desa Ngringinrejo Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro, Gunungan Belimbing setinggi 6,5 meter, ludes diserbu ribuan warga. Mereka rela berdesak-desakan untuk mendapatkan blimbing. Pesta rakyat tersebut digelar petani belimbing sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan hasil panen.

Sebelum perebutan gunungan blimbing, warga mengarak gunungan blimbing kecil dari Balai Desa Ngeringinrejo menuju Kebun Blimbing. Dalam festival blimbing ini, dihadiri langsung Wakil Bupati Bojonegoro, Budi Irawanto. Gunungan yang disediakan panitia, sebanyak 4 ton blimbing dengan tinggi 6,5 meter sekejap ludes diserbu warga.

Ribuan warga berdesak-desakan untuk merebutkan blimbing secara gratis. Meski harus berdesak-desakan, warga mengaku senang mendapat belimbing gratis. Peserta festival belimbing ini tidak hanya datang dari Bojoengoro, melainkan juga daerah sekitar, seperti Blora dan Tuban. Wakil Bupati Bojonegoro, Budi Irawanto, mengatakan, festival ini, merupakan yang keenam kalinya, digelar dalam rangka sedekah bumi desa setempat. (mulyanto/stv)