Mojokerto, (bisnissurabaya.com)Sejumlah Kepala Desa (Kades) dilantik oleh petinggi kabupaten ini. Ratusan Kades ini diminta untuk bisa meminpin sesuai dengan kewenangannya.

Plt Bupati Mojokerto Pungkasiadi, melantik 251 orang Kades hasil Pilkada serentak 2019 itu. Pelantikan berlangsung di Pendapa Graha Majatama, Senin (9/12).

Pelantikan diawali pembacaan sumpah jabatan oleh Plt Bupati Pungkasiadi, dilanjutkan dengan penandatanganan SK. Kemudian penyematan tanda jabatan secara simbolis yang diwakilkan pada Kepala Desa Wringinrejo Kecamatan Sooko Suhartono.

Pungkasiadi meminta agar seluruh Kaded yang dilantik, mampu melaksanakan kewenanganya secara tepat dan bijak. Pihaknya juga meminta seluruh kepala desa agar dapat memahami kebutuhan desa beserta masyarakatnya.

“Bekerjalah dan laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh. Penuhi tanggung jawab sesuai kewenangan, fungsi dan tugas saudara. Terus jalin komunikasi yang baik dan harmonis dengan lembaga, baik di desa maupun lembaga lain yang terkait dengan sistem pemerintah desa,” pesan Plt Bupati Pungkasiadi.

Plt Bupati Mojokerto juga menyebut seorang Kades, tidak saja mendapatkan legitimasi sebagian besar masyarakatnya, namun juga harus mempunyai kemampuan manajerial yang efisien dan efektif.

“Kepala desa mengemban amanat yang tidak ringan. Kepala desa harus mampu menjawab tantangan pembangunan yang semakin kompleks,” tandas Pungkasiadi.

Turut hadir dalam acara ini Komandan Korem 082/CPYJ Kol Arm Ruly Candrayadi, Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto Ayni Zuroh, Forkopimda, Sekdakab Mojokerto Herry Suwito, Plt Asisten dan OPD, serta camat se-Kabupaten Mojokerto. (sam)