Malang, (bisnissurabaya.com)- Untuk mensupport kinerja layanan kesehatan agar berjalan maksimal, Sekdaprov Jatim, Heru Tjahjono melakukan kunjungan ke RSUD Saiful Anwar Malang. Kunjungannya ke rumah sakit milik Pemprov Jatim itu sekaligus memimpin apel, Senin (9/12) pagi.

Dihadapan seluruh pimpinan dan karyawan RSUD Saiful Anwar, mantan Bupati Tulungagung itu meminta agar seluruh karyawan yang bekerja di RSUD Saiful Anwar untuk melayani pasien dengan baik. Bukan hanya karyawannya, tapi dokter dan para profesor juga harus memberikan pelayanan yang baik.

“Pasien berobat ke sini dengan tujuan bisa sembuh, oleh sebab itu harus dilayani dengan baik,” ungkapnya. Dijelaskan, pelayanan yang baik akan berdampak pada psikologi pasien. Apabila tenaga kesehatannya mampu memberikan pelayanan dengan senyum dan ramah, maka psikologi pasien akan merasa nyaman dan tentunya membawa dampak positif bagi kesehatan pasien juga.

“Apabila saat memeriksa tidak ramah, pasien bukan menjadi sehat tapi malah akan drop kondisinya. Contohnya kalau memeriksa darah tidak akan terasa sakit jarumnya apabila pasien diajak berkomunikasi dengan baik,” ujarnya. Heru meminta, dalam memberikan pelayanan, attitude dan etika harus juga dijaga. Setiap tenaga kesehatan harus memperhatikan hal tersebut.

“Apabila ada masalah pribadi di rumah jangan di bawa ke tempat kerja. Meskipun ada masalah, tenaga kesehatan harus memberikan pelayanan yang baik kepada pasien,” tuturnya. Hal yang sama juga diterapkan bagi tenaga keamanan di rumah sakit. Dimana harus memberikan keterangan yang sopan kepada pasien yang akan masuk parkir atau ke ruang perawatan.

“Tenaga keamanan harus ramah, semua respon harus diekspresikan dengan senyum. Bukan kelihatan galak di depan pasien maupun keluarga pasien,” tambahnya. (bw)