Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Fungsi dasar mainan membuat waktu bermain lebih menyenangkan. Dengan memberikan mainan edukatif akan membantu anak mengembangkan kemampuan dasar mereka. Seperti pemikiran kognitif, sensorik, motorik dan kreativitas. Namun, tak sedikit orang tua yang mengalami kesulitan memilih mainan yang tepat untuk anak-anaknya.

Di Penghujung 2019 ini, ELC menghadirkan 50 pilihan mainan edukatif terbaik sebagai kado akhir tahun untuk mendukung dan mempermudah orangtua, kakek-nenek bahkan om dan tante mereka memberikan hadiah akhir taun. Namun, sesuai dengan usia dan kebutuhan anak-anak.

Senior VP Mothercare & ELC, Vasudev Kataria, mengatakan, pihaknya percaya bermain dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak dan ingin selalu menjadi bagian dari momen tersebut. Sudah menjadi komitmen ELC terus memberikan mainan berkualitas dan aman untuk anak yang berdaya guna. Dukungan dari ELC dengan menghadirkan 50 pilihan mainan edukatif yang sudah disesuaikan kegunaannya menurut umur anak.

Hal ini membantu para orang tua agar dapat memilih mainan yang tepat untuk anak di musim liburan mendatang. Senada dengan ELC, Febiana Pratomo, M.Psi Psikolog Klinis Anak dari Rumah Dandelion mengungkapkan perlunya perhatian orang tua dalam memilih mainan yang tepat untuk anak. “Memilih mainan dapat memberikan anak beragam manfaat untuk tumbuh kembang. Seperti pemikiran kognitif, saraf sensorik, saraf motorik kasar dan halus, serta mengasah kreatifitas anak. Dengan kegiatan bermain bersama anak, hubungan orang tua dan anak pun akan semakin lekat”.

Ia menambahkan, orang tua harus sangat jeli dalam memilih mainan yang akan diberikan sebagai hadiah untuk anak mereka. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah, usia anak, manfaat mainan, kesukaan anak pada saat itu dan keamanan mainan. Selain menyenangkan, bermain dengan mainan yang tepat dalam memberikan banyak manfaat pada anak yang terkait dengan tumbuh kembang mereka, sebagai sarana eksplorasi untuk mengaktifkan panca indera mereka, dapat merangsang daya pikir, motorik halus dan kasar, memperkuat otot mereka juga dapat mengasah kreatifitas serta daya imajinasi mereka.
Ketika hendak memberikan hadiah mainan kepada anak, dapat dilihat pula preferensi kesukaan anak pada saat itu. Karena di usia tertentu sudah mulai bisa mengetahui apa yang mereka sukai namun orang tua tetap harus melihat apakah mainan tersebut sesuai dengan usianya dan aman untuk dimainkan. Mainan yang bagus, dibuat dan dirancang dengan mempertimbangkan faktor keamanan. Hal yang bisa dijadikan pertimbangan keamanan adalah: jenis bahan yang digunakan, choking hazard, dan wadah atau plastik pembungkusnya.

ELC sebagai spesialis mainan edukatif asal Inggris memperhatian keamanan semua mainan yang diproduksinya dan juga memastikan mainan yang tepat diberikan kepada anak. Mendekati liburan akhir tahun 2019, ELC kembali memberikan rekomendari mainan yang tepat untuk dijadikan acuan orang tua untuk memberikan hadiah kepada anak. ELC mempersembahkan 50 mainan edukatif yang telah didesain dan disesuaikan dengan usia dan kebutuhan anak. (timothy/stv)