Surabaya,(bisnissurabaya.com)-Maksimalkan pelayanan masyarakat, Rumah Sakit/RS Dr M Soewandhie Surabaya diperluas. Pembangunan gedung baru ini nantinya digunakan untuk radio terapi, rawat inap dan instalasi lainnya yang menggunakan alokasi anggaran Rp 197 miliar, dengan sistem multiyears.

Kabid Bangunan Gedung, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang  (DPRKPCKTR) Kota Surabaya, Iman Krestian Maharhandono, mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan pembersihan lokasi. Di sekitar kawasan masih terdapat sisa pembongkaran bangunan.

“Aktifitas parkir dan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang akan kita tertibkan, sebagai persiapan sebelum pelaksanaan pembangunan,” kata Iman, di Surabaya Senin (2/12).

Menurut Iman, parkir di sekitar area yang akan dibangun itu bakal ditertibkan dan akan dipindahkan ke Pasar Kapas Krampung. Nantinya, Dinas Perhubungan dan Satpol PP akan melakukan sosialisasi sekaligus penertiban sembari menjelaskan bahwa kawasan yang selama ini digunakan harus steril, agar tak mengganggu proses pembangunan.

“Satpol PP mulai melakukan penghalauan parkir dan PKL sekitar lokasi mulai Senin, (2/12). Sedangkan sterialisasi sepenuhnya, dilakukan Selasa (3/12) besok,” ujarnya.

Di samping itu, Iman menjelaskan bahwa demi mengantisipasi kendala yang tidak diinginkan, karena di sekitar wilayah tersebut terdapat jaringan utilitas, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas PU Bina Marga dan Pematusan serta Dinas Komunikasi dan Informatika.

Iman memastikan, gedung RSUD Dr M Soewandie yang baru ini rencananya mulai dikerjakan Desember hingga tahun 2020. Sesuai perencanaan, gedung baru ini terdiri dari delapan lantai plus basement. Tetapi, dalam proyek tahun ini akan dikerjakan 5 lantai.

“Selain basement, kemudian lima lantai gedung, akan diupayakan selesai,”  imbuh Iman. Gedung baru RSUD berada di belakang gedung lama. Alokasi anggaran yang digunakan untuk pembangunan sekitar Rp 197 miliar, dengan sistem multiyears. Gedung RSUD baru berdiri di atas lahan yang luasannya 3.600 meter persegi.

“Sudah ada pemenang proyeknya. Dalam waktu dekat Pemkot Surabaya akan melakukan groundbreaking, tanda dimulainya pembangunan,” kata dia. (ton)