Surabaya, (bisnissurabaya.com)- Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bertahan di tengah kesulitan ekonomi. Walau kerap dipandang sebelah mata, UMKM yang biasanya berbasis industri rumahan ternyata menjadi sektor yang bisa diandalkan pemerintah. Banyak produk UMKM yang memiliki mutu dan  kemasan yang bagus. Sehingga naik kelas dan digandeng untuk kerjasama berbagai pihak. Baik pemerintah maupun swasta.

Penegasan itu dikemukakan Direktur Maspion Group, Bing Lan, disela acara Pesona Indonesia Expo Kamis (28/11) di Maspion Square. “UMKM adalah kekuatan ekonomi yang tersembunyi. Melalui pameran ini, bisa dilihat profil mereka yang sudah bermitra dengan anjungan nusantara,” kata Bing Lan kepada Bisnis Surabaya.

Berbagai UMKM hadir mengikuti pameran bergengsi di atrium tersebut. Antara lain, produk kopi, coklat, syrup, keripik, macaroni, semanggi, bakso, roti, batik, hingga handycraft. Selain itu, juga didukung Aero Food, Gapura Angkasa yang merupakan anak perusahaan Garuda dan Angkasa Pura I dan II, Hotel Oval, dan Antlatis Land.

“Sinergisitas UMKM dengan berbagai pihak itu penting dilakukan, karena itu Maspion Square akan selalu bersinergi dan memfasilitasi UMKM untuk pameran,” kata perempuan yang selalu tampil cantik ini.

Pada pameran yang berlangsung hingga 1 Desember ini juga dimeriahkan peragaaan busana oleh desainer ternama Tiara Oscar, belajar membatik bersama Batik Te’Yeng Sidoarjo seminar  tentang kopi dan kakao, dan berbagai acara menarik  lainnya.

Pengunjung juga bisa memanfaatkan patung Mr Bean dan Dinosaurus di stan Hotel Oval, dan Antlatis Land yang bisa bergerak-gerak untuk selfi/swafoto. Tampak banyak keluarga yang berfoto di kedua patung tersebut.

Selain itu, pengunjung juga bisa melihat demo masak dari Aerofood untuk menu Garuda Indonesia Airlines dan Citilink, mencicipi makanan dan minuman yang ditawarkan pada Bisnis Class Garuda Indonesia. Menikmati roti dan kue yang ditawarkan diatas pesawat pada penerbangan long haul Garuda Indonesia, melihat program protokoler VIP dan VVIP Gapura Angkasa, serta mendapatkan informasi layanan group keluarga, korporasi, juga layanan pribadi oleh Gapura Angkasa. (nanang)