Banyuwangi, (bisnissurabaya.com)
Kulit macan, digemari pasar Eropa. Apalagi bila diproduksi kerajinan dengan motif kulit raja hutan itu. Karena itulah, Dandy, pria asal Genteng Banyuwangi ini sejak 1988 menekuni kerajinan kulit motif macan. Keunikan kulit motif macan ini mirip dengan kulit macan asli. Meski bahan yang dipakai adalah bahan kulit sapi dan kambing. Dari bahan kulit motif macan ini, Dandy, membuat berbagai produk kerajinan.

Seperti artificial patung macan, karpet kulit motif macan, tas, sepatu dan produk kerajinan lain. Bahan kulit yang dipakai kulit sapi dan kambing. Proses pengolahan kulit tergantung kualitas. Untuk kualitas lokal, seperti Bali, Yogyakarta, Semarang dan Jakarta, bahan kulit sapi di proses di Magetan. Namun, untuk kulit kualitas ekspor, biasa untuk jaket dan baju, proses pengolahan kulit di Semarang.

Stok kulit diambil dari Lamongan. Untuk kulit kambing diproses di Yogyakarta. Sementara, untuk kualitas ekspor diproses di Semarang. Kerajinan kulit motif macan ini disukai pasar Eropa dan Amerika. Saat ini pengiriman dari Bali. “Pengiriman 100.000 – 200.000 fit sekali kontrak kurang lebih empat bulan sekali,” ucap Dandy. Saat ini dirinya telah menghasilkan 18 desain motif kulit macan. Dengan dibantu 7 orang karyawan, per hari pihaknya bisa menyelesaikan produksi 250 – 500 fit. (tin)