Sidoarjo, (bisnissurabaya.com) – Maraknya berita yang beredar mengenai Pabrik Tahu yang menggunakan plastik sebagai bahan bakar membuat Dinas Pangan Dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo turun tangan. Bersama beberapa Pejabat dari Dinas terkait mengunjungi Pabrik Tahu di Tropodo untuk memantau langsung kebenarannya.

Ditemani beberapa Pejabat dari Dinas Terkait, seperti Dinas Kesehatan dan Lingkungan Hidup. Nuning Sri Pujiastuti, Kasi Kesma Veteranian Dinas Pangan dan Pertanian Kab. Sidoarjo mendatangi langsung Pabrik Tahu yang Viral karena menggunakan plastik sebagai bahan bakar untuk pembuatan tahu mereka. Terletak di Desa Tropodo Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo yang merupakan sentra pembuatan tahu di Sidoarjo. Dari 36 pengusaha tahu di Wilayah ini rupanya seluruhnya menggunakan plastik sebagai bahan bakar. Hal ini lantaran minimnya bahan bakar kayu di wilayah tersebut.

Selain itu Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo yang mendatangi lokasi terlihat memantau proses pembuatan tahu, dan mengambil beberapa sampel tahu untuk diperiksa di Lab. Selain itu juga mereka akan mengambil sampel tanah, ternak dan udara di Wilayah tersebut.

Pemanfaatan limbah plastik sendiri untuk bahan bakar telah berlangsung sekian lama di Desa ini. Namun belum adanya standart tentu menjadi masalah tersendiri, dikarenakan polusi sisa pembakaran plastik diketahui mengandung banyak Zat berbahaya jika dihirup oleh manusia. (husni/stv)