Sidoarjo, (bisnissurabaya.com)
Sekitar 47 pengusaha pabrik tahu di Desa Tropodo Sidoarjo mendeklarasikan stop penggunaan sampah plastik. Mereka berjanji tidak akan menggunakan sampah plastik lagi, tidak akan melakukan pencemaran lingkungan, mentaati undang-undang, menjaga kwalitas produksi tahu serta mengurangi emisi gas buang pada proses pembuatan tahu.

Pengusaha pabrik tahu di Desa Tropodo Krian Siadorjo saat deklarasi stop penggunaan sampah platik. (Foto/bw)

Deklarasi puluhan pengusaha IKM Tahu Tropodo Krian Sidoarjo untuk ‘Gerakan Stop Penggunaan Bahan Bakar Sampah Plastik’ dibacakan Ketua Paguyuban IKM Tahu Tropodo Krian, Komar, dihadapan Muspida Sidoarjo, yang dipimpin Bupati Saiful Ilah, di Sidoarjo Selasa (26/11) siang. Terkait deklarasi stop penggunaan sampah plastik di pabrik tahu ini, puluhan pengusaha ini sekaligus minta Bupati Saiful Ilah, untuk membantu pengusaha dengan cara memberi subsidi.
‘’Tanpa subsidi dari Pemkab Sidoarjo, saya kawatir pengusaha akan menghentikan operasional pabrik tahu karena tidak mampu membeli kayu untuk proses pembakaran,’’ kata Abah Ismail, salah satu pemilik pabrik tahu AR. Mendengar permintaan tersebut, Bupati Saiful Ilah, menyanggupi akan memberi subsidi kepada 47 pengusaha pabrik tahu untuk beberapa waktu saja.

Bahkan, Bupati Saiful Ilah, melarang pengusaha untuk menggunakan sampah plastic dan mengimpor plastic lagi terkait operasional parik tahunya. ‘’Kalau ada yang menggunakan sampah plastic lagi itu urusannya pihak berwajib. Saya minta jangan ada lagi yang membakar sampah plastic untuk operasional pabrik tahu di sini,’’ ujar Saiful Ilah.
Dia prihatin dengan hasil penelitian yang disampaikan Icoton bersama salah satu LSM dari luar negeri yang menyebutkan hasil penelitian telah ditemukan telur yang terkontaminasi dioksin yang sangat berbahaya itu. Yang sangat menyedihkan, telur itu disebabkan dari pembakaran sampah plastic di pabrik tahu di Desa Tropodo Krian Sidoarjo.
‘’Jangan hanya tiga telur yang ditemukan di Malang yang berasal dari Desa Tropodo Krian mengalahkan jumlah telur ayam di sini yang jumlahnya 8,2 miliar. Karena itu, saya berani membagi-bagikan 1.000 telur kepada masyarakat hanya untuk mengalahkan tiga telur yang terkontaminasi dioksin itu,’’ kilahnya. (bw)