Gresik, (bisnissurabaya.com)- Kirab Budaya/Sedekah Bumi yang dilakukan warga Laban berlangsung meriah. Diawali dengan arak-arakan warga dengan membawa puluhan tumpeng raksasa untuk meramaikan acara kirab budaya di Desa Laban Kecamatan Menganti, Gresik. Tumpeng raksasa tersebut sebelum isinya dikeroyok warga terlebih dahulu diarak keliling Desa Laban.

Kirab tumpeng

Tumpeng yang diarak ini bukan tumpeng biasa. Warga Laban membuat tumpeng raksasa yang bahannya didominasi sayur-mayur segar dan jajanan pasar. Saking besarnya, tumpeng yang dibuat butuh paling tidak empat orang untuk mengusung tumpeng hasil bumi tersebut.

Kirab budaya tumpeng ini sangat meriah. Seluruh warga Laban Kulon diwajibkan ikut memeriahkan acara sedekah bumi ini. Setiap RT membuat bentuk tumpeng yang berbeda-beda.

“RT 11 tahun ini membuat tumpeng yang berbentuk wajah kepala desa, dengan dikelilingi empat bentuk tempat ibadah, melambangkan kerukunan umat beragama di Desa Laban,” kata ketua RT 11, Nurmalasari, kepada bisnissurabaya.com, Minggu (17/11).

Ada banyak bentuk tumpeng. Diantaranya, berbentuk hewan. Seperti kingkong, bebek, kepiting, dan ikan lele hingga bentuk bucet raksasa. Selain kirab tumpeng ada juga acara lain yakni jaranan dan ludruk.

Tahun ini kirab budaya tumpeng dilaksanakan pada Minggu (17/11). Warga Desa Laban mulai dari anak-anak sampai orang dewasa dengan menggunakan busana tradisional untuk memeriahkan kirab budaya ini. (ayu)