Malang, (bisnissurabaya.com)Dalam rangka mendekatkan Bakorwil III Prov. Jatim di Malang kepada masyarakat dan sekaligus mensosialisasikan

Program East Java Super Corridor (EJSC) Gubernur Jawa Timur/Jatim Khofifah Indar Parawansa, mulai disosialisaikan ke daerah-daerah. Karena itu, Bakorwil III Prov Jatim di Malang melakukan kegiatan sosialisasi program EJSC di sembilan daerah di wilayah kerjanya. Kesembilan daerah itu, yaitu Kota dan Kab Malang, Kota Batu, Kab dan Kota Blitar, Kab dan Kota Pasuruan, Kab Sidoarjo, dan Kota Surabaya.

Sosialisasi dijelaskan Kepala Bakorwil III, Benny Sampir Wanto, dilakukan dalam bentuk workshop yang berisikan mentoring peningkatan kualitas SDM. Peserta setiap workshop sebanyak 100 orang dengan tema masing-masing workshop berbeda satu sama lain atau sesuai kebutuhan daerah setempat. “Tema disesuaikan dengan isi program EJSC yaitu pendirian Millenial Job Center (MJC), digitalisasi UMKM, dan perizinan-perizinan Pemprov. Jatim yang ditempatkan di Bakorwil,” kata Benny Sampir Wanto, di Malang, Kamis (14/11) lalu.

Di Pasuruan, kata dia, workshop diikuti para pelaku UMKM dengan penyelenggaraan dilakukan pada 6 November 2019. Temanya adalah hak intelektual, paten, dan merek, dengan mentor berasal dari Kemenkuham dan Disperindag Jatim. Hari berikutnya, 7 November 2019, tema workshop adalah infografis dengan peserta berasal dari Kelompok Infomasi Masyarakat, dengan mentor dari praktisi Good News From Indonesia (GNFI).

Workshop berikutnya, di Sidoarjo diselenggarakan pada 11 November mengambil tema produk ramah lingkungan/zerro waste dengan peserta para pengusaha UMKM. Mentor berasal praktisi dan pegiat lingkungan dari Zerro Waste Indonesia. Selanjutnya diilakukan workshop videografis dengan peserta karang taruna dan siswa SMK. Mentor diambilkan dari praktisi GNFI, Satrio Utomo dan Angger Tsu dari Short Video dan Crwative Video.

“Pada 20 dan 21 November, akan diselenggarakan worksho di Blitar dengan peserta masyarakat umun dan komunitas,” ujar Benny- demikian biasa disapa, sambil menjelaskan temanya adalah food fotography. Esok harinya, workshop ditempat sama juga dilakukan dengan tema marketing on line, dengan peserta dari pelaku UMKM. Mentor berasal dari Google Bisnis Group.

Terakhir, workshop tentang tourism video juga diselenggarakan di Kota Batu pada 27 November dengan peserta dari SMK Pariwisata dan penggiat desa wisata dari Malang Raya, dengan mentor dari Eksplore Indonesia. Esok harinya workshop start up community branding diselenggarakan di tempat sama, dengan peserta dari UMKM se Malang Raya. Mentor dari Gojek dan Kita Bisa. Ditambahkan, Wagub Jatim Emiel Dardak, juga secara khusus akan menjadi pembicara dan sekaligus membuka kegiatan sosialisasi MJC. (bw)