Sidoarjo, (bisnissurabaya.com)- Hasil lelang bandeng kawak tradisional Kabupaten Sidoarjo akhirnya  berhasil mengumpulkan dana Rp 1,4 miliar. Artinya perolehan  naik dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya yang terkumpul Rp 700 juta. Dan perolehan ini melesat melebihi yang ditargetkan Bupati Sidoarjo Rp 1 miliar.

Acara rutin yang diselenggarakan dalam rangka memperingati hari Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut sudah berjalan selama 58 tahun. Dan tradisi lelang bandeng ini masih terus dilestarikan hingga era Bupati Saiful Ilah.

Penawar tertinggi tahun ini dimenangkan oleh Kahuripan Nirwana Village (KNV) dengan nilai lelang Rp 155 juta dan berhak membawa pulang bandeng kawak ukuran paling besar milik H. Mohammad Sanaji dengan berat bandeng mencapai 7,66 kg umur bandeng 8 tahun.

Pemenang kedua diraih PT Minarak Brantas Gas dan PT Sarana Dwi Makmur, keduanya sama-sama menawar Rp 150 juta. Sedangkan pemenang lelang ketiga diraih Pondok Tjandra dengan nilai penawaran Rp 120 juta. Pemenang lelang ke empat diraih PT Alfira Prima dengan nilai penawaran Rp 110 juta. Kelima penawar tertinggi tersebut berhasil menyisihkan puluhan peserta lelang yang rata-rata menawar di bawah Rp 100 juta.

Dana yang terkumpul nantinya akan disalurkan untuk pembangunan renovasi tempat ibadah dan kegiatan sosial kemasyarakatan.

Lelang pertama dibuka Bupati Saiful Ilah dengan penawaran 10 juta rupiah, diikuti Wakil Bupati Nur Ahmad Syaifuddin Rp 5 juta  dan Sekda A. Zaini Rp 3 juta. Lelang ditutup sekitar pukul 24.00 wib dengan ditandai pemukulan gong oleh pemenang lelang dari KNV.

Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah berharap tradisi dan budaya lelang bandeng kawak tetap terus dilestarikan. Selain sebagai identitas Sidoarjo sebagai daerah penghasil ikan bandeng juga sebagai ikon wisata budaya.

“Lelang bandeng kawak ini harus tetap dilestarikan, karena ini menjadi ikon Sidoarjo sebagai daerah penghasil bandeng,” ujarnya saat membuka acara Lelang Bandeng Kawak Tradisional, di Alun-alun  Sidoarjo, Rabu (13/11).

Bupati Saiful Ilah mengapresiasi kepada para petani tambak yang sudah menjaga dan merawat bandengnya hingga mencapai umur 8 tahun. Juga kepada para peserta lelang yang ikut berpartisipasi, serta masyarakat yang hadir di Alun – alun Sidoarjo.

Keempat pemilik bandeng kawak yakni H. Mohammad Sanaji juara 1, H. Musthofa juara 2, H. Ilyas juara 3 dan Sutriman juara 4 pada malam itu menerima hadiah dari Bupati Saiful masing-masing mendapat motor dan uang serta trophy penghargaan.

Acara yang dimeriahkan dengan grup musik dangdut Adella dan artis dangdut Tasya cukup menghibur ribuan penonton yang memadati Alun-alun. (rino)