Surabaya, (bisnissurabaya.com)- Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau dalam bahasa Inggris disebut Car Free Day/CFD digelar setiap Minggu pagi. Tujuannya, mensosialisasikan masyarakat untuk menurunkan ketergantungan terhadap kendaraan bermotor. Kegiatan ini biasanya didorong aktivis yang bergerak dalam bidang lingkungan dan transportasi.

Ada beberapa kota besar di Indonesia yang mengadakan CFD setiap hari Minggu. Salah satunya, di Taman Bungkul, yang biasa dijuluki “Jantung Kota Surabaya”. Dipilihnya area tersebut karena lokasinya di tengah kota dan representatif dengan jumlah pengunjung yang menikmati CFD cukup besar. HBKB ini dimulai pukul 06.00 – 10.00 WIB.

Banyak masyarakat sekitar datang ke CFD untuk berolahraga, berkumpul bersama teman dan keluarga. Beberapa komunitas sepeda, hewan dan lainnya juga memanfaatkan CFD untuk berkumpul untuk menjalin silaturahmi. “Saya sering CFD di sini bersama teman atau pasangan, karena tempatnya tak jauh dari rumah,” kata salah satu pengunjung, Anisa, kepada bisnissurabaya.com, Minggu, (10/11).

Yang menarik, banyak masyarakat khususnya pelaku UMKM sekitar menjadikan CFD untuk mempromosikan produk olahannya sendiri. Mulai dari makanan, minuman dan lainnya. Ada juga yang mengenakan pakaian adat dan kostum unik untuk menarik perhatian pengunjung. (fania)