Surabaya, (bisnissurabaya.com)- Ada yang menarik pada gelaran olimpiade MEDSPIN (International Medical Science and Application Competition). Ribuan siswa SMA yang menjadi peserta lomba sains kedokteran terkagum-kagum sesaat memasuki ruang anatomi. ‘’Explore anatomi ini yang paling ditunggu siswa peserta Medspin,’’ kata Humas Medspin 2019, Almara, kepada bisnissurabaya.com di kampus Fakultas Kedokteran/FK Universitas Airlangga/Unair Selasa (5/11).

Menurut dia, explore anatomi, ini merupakan salah satu kegiatan unggulan yang ada di MEDSPIN 2019. Pada kegiatan ini, peserta dapat memasuki ruang anatomi FK UNAIR dan melihat beberapa sediaan organ. Selain itu para peserta juga mendapat penjelasan dari mahasiswa FK UNAIR mengenai organ tersebut. Selanjutnya ada explore histology. Pada kegiatan ini, para peserta dapat melihat sediaan preparat histologi yang dimiliki oleh Departemen Anatomi dan Histologi FK Unair.

Yang tidak kalah menarik yaitu FK Hunter. Pada kegiatan ini, peserta diberikann beberapaa ilmu yang berhubungan dengan kedokteran. Salah satunya terdapat pos yang menjelaskan pada peserta mengenai Basic Life Support.

Terakhir adalah Med On Screen ( MOS ) yaitu penayangan film Lion King untuk hiburan para peserta setelah mengerjakan soal-soal MEDSPIN 2019.

Pada babak penyisihan ini, panitia hanya mengambil 150 tim dari total seluruh tim yang ada. Sebanyak 150 tim yang lolos dari babak penyisihan oimpiade MEDSPIN akan diundang ke Surabaya untuk mengikuti babak Quarter Final.

Pelaksanaan babak ini dilakukan cukup unik yaitu dalam bentuk “ Essay Rally ”, dimana peserta akan mengerjakan soal di 30 pos yang tersebar di seluruh wilayah FK Unair dalam durasi 150 menit. Seminar Guru juga diadakan untuk para guru pendamping yang menemani siswa pada babak Quarter Final. Selain itu, peserta juga dapat mengenal lebih dalam tentang dunia kedokteran dengan mengikuti Tour de Campus FK Unair dan belajar anatomi dasar di ruang praktikum anatomi dalam sesi “Explore Anatomy”.

Babak Quarter Final akan dilanjutkan dengan babak Semifinal dan Final. Pada babak Semifinal dan Final, level kompetisi meningkat dengan adanya case study dan praktikum medik. Peserta yang tidak lolos babak final dapat mengikuti rangkaian kegiatan Muter-Muter Suroboyo. Kegiatan ini akan membawa peserta untuk berkeliling Kota Surabaya yang bertujuan untuk mengenalkan Kota Surabaya kepada peserta MEDSPIN, khususnya kepada peserta yang berdomisili di luar Surabaya.

Seperti diketahui, mulai Minggu (3/11) FK Unair, telah melaksanakan kegiatan rutin tahunan yaitu MEDSPIN. MEDSPIN adalah lomba sains kedokteran terbesar se-Indonesia. Hal ini dibuktikan secara kontinyu lebih dari 17.500 peserta setiap tahunnya dan diharapkan tahun ini dapat mempertahankan angka lebih dari 17.500 peserta.

Pelaksanaan olimpiade MEDSPIN 2019 terdiri atas 6 babak, yaitu babak penyisihan, quarter final, semi final, babak revival, babak final, dan grand final. Babak penyisihan dilaksanakan pada hari ini secara offline di 27 kota di Indonesia dan secara online di 34 provinsi di seluruh Indonesia serta di negara-negara ASEAN.

Pada wilayah Region Pusat yaitu Surabaya juga terdapat beberapa acara yang menarik  siswa  SMA dan sederajat untuk mengetahui lebih detail bagaimana kehidupan sebagai mahasiswa Fakultas Kedokteran dan menjadi sebuah ajang hiburan bagi peserta MEDSPIN. (bw)