Surabaya, (bisnissurabaya.com)- Banyak yang menilai kegiatan merangkai bunga sekadar hobi. Padahal, merangkai bunga sebuah profesi bisnis yang menjanjikan. Peluang ini cocok untuk generasi milenial, karena dituntut selalu kreatif dan inovatif dalam berbagai hal. Termasuk cerdas menangkap  peluang yang ada. Seperti bisnis buket bunga yang sedang menjamur beberapa tahun terakhir.

“Untuk menangkap peluang ini, Hotel Premier Place menggandeng Sekarmila Florist yang menyelenggarakan workshop merangkai bunga dengan tema bertajuk Korean Rustic Style – Flower Bouquet Wrapped, dimana peserta akan diajari teknik-teknik dasar dan bagaimana cara membuat flower bouquet yang benar, “ kata Koordinator Marketing Komunikasi Hotel Premier Place, Sheila Ardilla, kepada bisnissurabaya.com belum lama ini.

Workshop diikuti 25 peserta yang terdiri dari berbagai latar belakang pekerjaan. Mulai siswa sekolah menengah keatas, mahasiswa/i, pelaku bisnis hingga satu keluarga yang memiliki bisnis dekorasi. Acara tersebut bertempat di taman belakang yang cukup rindan, workshop berlangsung selama lebih kurang tiga jam. Setiap peserta dibekali alat-alat penunjang seperti pita, gunting, isolasi, kertas wrap dan pilihan bunga mulai dari lokal hingga impor. Seperti eucalyptus silver dollar, mawar semi holland peach, snapdragon, pink lily  hingga jimba (chrysantium).

Melalui flower workshop ini, peserta diajarkan untuk membuat Rustic Korean Bouquet. Walaupun tampilannya terkesan sederhana, tapi Rustic Korean Bouquet tetap memiki keindahannya sendiri dan tidak kalah dengan flower bouquet pada umumnya. Hal menarik lainnya adalah Sekarmila Florist menggabungkan antara teknik Rustic Bouquet dengan teknik wrapping dan flower design asal Korea.

Membangun bisnis bunga atau florist tidaklah hanya cukup terampil dan menguasai teknik merangkai bunganya, tetapi harus memiliki pengetahuan tentang dunia bunga. Mengetahui sumber material dan bahan bakunya serta bisnis konsep yang matang dengan ditambah sedikit insting “gift” untuk dapat melihat dan menangkap prospek dan peluang pasar.

“Kami berharap event ini dapat membuka wawasan yang seluas-luasnya bagi para peserta, dan tentunya memberikan berbagai ide fresh yang dapat di implementasikan sesuai kebutuhan peserta. Mulai skill hingga bisnis,” tambah Sheila. (nanang)