Malang, (bisnissurabaya.com)- Malang kaya akan wisata yang indah. Tak hanya perkebunan apel, tapi pesona alam yang dikelilingi perbukitan sangat memanjakan mata. Seperti wisata alam Sumber Maron, di kawasan Karangsuko, Dusun Adi Luwih, Kabupaten Malang. Obyek wisata ini menawarkan pemandian dengan kesegaran sumber mata air alami.

Sebelum dijadikan tempat wisata Sumber Air ini hanya digunakan masyarakat setempat untuk budidaya sayuran kangkung. Serta area beristirahat selepas kegiatan bertani. Namun, dengan kreativitas warga dusun ini, akhirnya daerah ini menjadi kawasan wisata yang cukup populer.

Sumber Maron mulai buka pukul 07.00 – 18.00 WIB. Banyak masyarakat sekitar bahkan dari kota lain sering berkunjung untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman. “Saya datang kesini bersama keluarga, karena tempat ini sangat indah. Harga tiket masuknya juga sangat terjangkau,” kata salah satu pengunjung Diah, kepada bisnissurabaya.com, Rabu (30/10).

Untuk memasuki kawasan wisata alam ini, pengunjung diwajibkan membeli tiket Rp 2.000 untuk anak-anak dan Rp 3.000 untuk orang dewasa. Biasanya, penikmat wisata yang datang ke tempat ini untuk menghilangkan stres dari pekerjaan sehari-hari. Karena, wisata Sumber Maron memiliki suasana yang indah, asri dan sejuk.

Keasrian lingkungan Sumber Maron ini benar-benar menyejukkan. Yang menarik, setelah memasuki area, pengunjung akan menemui kolam ikan. Disini wisatawan akan melihat banyak ikan mas yang indah memenuhi kolam.

Selain kolam ikan, wisata alam ini juga mempunyai air terjun yang menambah keindahan tempat ini. Air terjun hanya memiliki tinggi enam meter dan kemiringan sekitar 60 derajat sangat cocok digunakan untuk berselfi ria di atas bebatuan yang ada dibawah air terjun.

Yang tak kalah menarik, wisata Sumber Maron juga menyediakan kegiatan river tubing. Karena memiliki area dengan air yang dangkal serta arus yang lumayan deras. Sebelum memulai kegiatan, pengunjung diharuskan menyewa ban karet yang disediakan dengan beaya Rp 3.000 hingga Rp 15.000 tergantung ukuran ban.

Sekedar kita ketahui, river tubing merupakan kegiatan menelusuri sungai dengan ban karet. Panjang sungai yang bisa digunakan sekitar 500 meter.  Setelah lelah menikmati keindahan alam Sumber Maron, wisatawan terutama anak-anak disediakan area edukasi. Yakni, Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidra (PLTMH). Dengan demikian wisatawan yang berkunjung tak hanya menghabiskan waktu untuk menikmati keindahan alam, tetapi bisa mendapatkan pengetahuan. (fania)