Sidoarjo, (bisnissurabaya.com)- Bumi perkemahan Pramuka Jawa Timur/Jatim akan dibangun di Desa Kambingan Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik. Lahan yang di tempati sekitar 70 hektar. Di lahan tersebut akan dibangun berbagai fasilitas. Seperti Gedung Pusdiklatda, plaza dan sculpture maupun amphitheatre berkapasitas 8.000 orang. Dari denah yang ada, area perkemahan dapat menampung 1.024 tendam dengan 10.280 peserta.

Pencanangan pembangunan bumi perkemahan Pramuka Jatim dilakukan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, di Cerme Gresik Senin, (28/10). Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jatim Saifullah Yusuf, bersama-sama Pangdam V Brawijya Mayjen TNI Wisnoe Prasetija Boedi, ikut bersama dalam pencanangan. Selain itu, bupati serta ketua kwarcab gerakan pramuka yang ada di Jatim turut diundang dalam pencanangannya.

Pencanangan ditandai dengan penanaman 100 pohon di lahan tersebut. Seluruh pejabat yang hadir serta anggota pramuka bersama-sama melakukan penanaman. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, mengatakan, rencana pembangunan bumi perkemahan berawal dari keinginan ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jatim.

Saat itu, kata dia,  Pramuka Jatim membutuhkan bumi perkemahan dan Pusdilklat. Gaung bersambut dengan konfirmasi adanya lahan milik Pemprov Jatim di Kecamatan Cerme sekitar 70 hektar. Rencana pembangunan Bumi Perkemahan Pramuka diwujudkannya. Jemudian PT Smelting dilibatkan dalam penghijauannya. Perusahaan asing tersebut menyumbang 100 pohon berbagai jenis untuk ditanam.

“Nanti Insha Alloh bulan November ada lembaga lagi yang akan bantu menanam pohon, saya ingin agak diperbanyak pohon trembesi supaya bisa menyimpan cadangan air lebih banyak disini,” ucapnya. Gubernur mengatakan sebagaian lahan juga akan digunakan oleh Dinas Pertanian. Peruntukannya sebagai destinasi wisata agro di bumi perkemahan.  Khofifah menambahkan Pusdiklatda yang juga akan dibangun tidak hanya diperuntukkan bagi pengembangan kepramukaan. Namun diperuntukkan bagi Ormas kepemudaan maupun Pusdiklat bagi tenaga pendidik.

Wakil Bupati Sidoarjo yang juga Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH yang turut hadir dalam pencanangan tersebut mengaku bersyukur akan dibangunnya bumi perkemahan Pramuka Jatim. Tempat tersebut akan menjadi jujugan bagi perkembangan kepramukaan di Jawa Timur. Dirinya berharap bumi perkemahan tersebut akan menjadi tempat yang representatif. Sarana dan prasarannya dapat terpenuhi.

“Saya berterima kasih, mudah-mudahan nantinya ini bermanfaat bukan hanya untuk Kwarda tetapi juga untuk Kwarcab yang ada di Provinsi Jawa Timur,” ucapnya. Nur Ahmad Syaifuddin mengatakan Kabupaten Sidoarjo sendiri telah memiliki bumi perkemahan Pramuka. Letaknya di Desa Tanjek Wagir Kecamatan Krembung. Meski sarana dan prasarananya belum lengkap, tetapi dapat ditempati untuk melakukan kegiatan kepramukaan. Dirinya mengatakan pembangunan sarana dan prasarana bumi perkemahan Pramuka Sidoarjo terus dilakukan. Mulai pengurugan serta pemasangan pagar sedang dikerjakan. “Walaupun belum lengkap tetapi sarana pendukungnya untuk bumi perkemahan sudah ada,”ujarnya. (sam/rin)