Gresik, (bisnissurabaya.com)- Lomba memasak yang dilaksanakan di Hotel Pesonna Gresik berlangsung meriah. Ratusan peserta  tampak antusias mengikuti lomba dari  proses awal sampai penyajian ke tim juri.

Kegiatan ini diselenggrakan bersama oleh Divisi Syariah PT Pegadaian (Persero)  dan Hotel Pesonna Gresik. Acara dengan  tema “Pegadaian Syariah Cooking Competition & Cooking Demo” ini dilaksanakan di Hotel Pesonna  Gresik, Sabtu (26/10) .

Kegiatan kolaborasi ini  diharapkan dapat mewadahi dan memfasilitasi bakat memasak yang dimiliki oleh masyarakat kota penyangga Surabaya. Kegiatan ini merupakan inovasi baru Pegadaian Syariah dalam mengenalkan program-progam yang dimiliki ke seluruh lapisan masyarakat dengan tujuan utama kepada komunitas atau instansi yang ada di Kota Pudak.

Lomba memasak kali  ini merupakan tahap kedua setelah yang pertama dilaksanakan di Hotel Pesonna Malioboro Yogayakarta. Setelah ini   akan menyusul lomba di Pesonna Pekanbaru pada 2 November 2019. Dan nantinya kegiatan ini akan dilaksanakan bergantian di seluruh unit Pesonna  yang ada di Indonesia, Yaitu Pesonna Surabaya,  Semarang, Tegal, Pekalongan,  Tugu Yogyakarta dan Makassar.

Dalam acara lomba yang diselenggrakan di Gresik ini antusias para peserta sangat besar. Hal ini  tebukti ratusan  warga Kota Gresik ikut ramai mendaftar. Tidak hanya ibu-ibu saja, bahkan  peserta laki-laki juga yang menjadi peserta lomba masak ini. Mereka berlomba dengan membuat “Sambal Nusantara” dengan bahan dasar dan perlengkapan yang sudah disediakan oleh pihak panitia.

Masing-masin peserta  diberi seekor  Ikan Bandeng yang sudah matang sebagai bahan utama pendamping sambal yang sudah dibuat. “Ikan Bandeng merupakan makanan khas yang ada di Kota Gresik sehingga  kami putuskan menjadi menu pokok yang harus digunakan dalam acara ini,” kata Joko S Widiyanto General Manager Hotel Pesonna Gresik.

Uniknya dalam lomba ini para peserta juga mengikuti cooking demo yang  dipandu oleh Corporate Chef Pesonna Hotels yaitu Chef Daulay dan juga Executive Chef Pesonna Hotel Gresik Chef Dibyo. Bandeng diolah menjadi menu yang inovatif yaitu “Bulgogi Bandeng” dan dessert “Puding Kelapa Muda Ala Pesonna Hotel”.

Selain lomba masak, peserta juga mendapatkan edukasi literasi oleh Pegadaian Syariah. Dengan penjelasan yang disampaikan kepada para peserta mengenai produk yang ada, program-program pembiayaan, serta memberikan informasi mengenai literasi ekonomi dan keuangan syariah.

Acara semakin semarak karena  digelar prosesi pemotongan tumpeng dalam rangka syukuran Hotel Pesonna Gresik yang  ke-3. Pesonna Gresik mulai beroperasi  pada 15 September 2016 lalu. “Para pemenang nantinya akan dilombakan kembali mewakili Pesonna Gresik di Jakarta,” jelas pria yang sudah malang melintang di 9 hotel di Indonesia ini. Dan lomba ini akan dijadikan kalender event tahunan di Kota Gresik. Tentunya dalam rangka turut meningkatkan produk kuliner di Kota Santri ini. (sam)