Surabaya, (bisnissurabaya.com)- “Kalau cinta pada bangsa, anak-anak tak akan tega mengkhianati/ menyakiti negeri ini,” Demikian pernyataan Walikota Surabaya Tri Rismaharini.

Untuk menanamkan rasa cinta pada tanah air bagi pelajar di Surabaya, Tri Rismaharini, bersama pelajar SMP se-Surabaya mengucap “Sumpah Merah Putih” di Tugu Pahlawan Sabtu (26/10).

“Kami, Arek Suroboyo yang berdiri di bumi Pahlawan ini, siap menyatukan semangat dan tekad. Bahwa kami, adalah penerusmu,” sepenggal sumpah merah putih yang dibacakannya.

Acara yang bernama Sumpah Merah Putih ini merupakan rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan.

Sekitar 3.300 pelajar yang hadir, berkostum tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Harapannya, bisa menyatukan anak – anak dari berbagai latar belakang untuk mencintai dan menghormati bangsa ini.

Dalam acara ini, juga ditampilkan sosiodrama merah putih serta nyanyian lagu nasional membuat acara ini semakin apik.

Yang menarik perhatian, 3.300 pelajar SMP tersebut membentangkan bendera merah putih mengelilingi Komplek Tugu Pahlawan. Bahkan, mereka berputar kembali masuk, membuat lingkaran bendera merah putih.

Tidak hanya para pelajar SMP, Paskibra Kota Surabaya juga terlibat dalam barisan paling depan.

Usai acara, Walikota perempuan pertama di Surabaya tersebut mengunjungi Museum Tugu Pahlawan dan melihat pameran foto tempo dulu.

“Merah putih adalah simbol persatuan negara kita. Dengan alat pemersatu ini kita harus maju bersama,” jelas Tri Rismaharini. (nanang)