Surabaya, (bisnissurabaya.com)- Sekolah Katolik berbasis agama seperti sekolah Islam dan sKristen, telah membuktikan sebagai lembaga yang menjalankan misi  suci mencerdaskan kehidupan bangsa. Baik moral, mental maupun spiritualnya. Tata nilai dasar yang diajarkan kepada siswa-siswinya seperti sikap saling menghormati, mengasihi, bersyukur,  dan tidak mudah menyerah menghasilkan lulusan terbaik yang disiplin, cerdas, pekerja keras, egaliter, dan toleran.

“Di sekolah kami diajarkan sikap dasar untuk menghormati Tuhan dengan segenap hati, dan mengasihi sesama seperti mengasihi diri sendiri,” kata Ketua Aliansi Relawan Jawa Timu/ARJ, yang juga alumni Sekolah Katolik Santa Agnes, Lidya Latina, kepada bisnissurabaya.com Minggu (27/10).

Sekolah Katolik Xaverius adalah salah satu sekolah Katolik yang terbukti mampu mengemban misi suci untuk melahirkan kader bangsa yang mumpuni untuk dipersembahkan bagi negeri. Baru-baru ini sekolah tersebut telah mengumumkan empat alumnus terbaiknya yang beragama Islam terpilih sebagai menteri di Kabinet Indonesia Maju.

Empat alumnus Sekolah Katolik Xaverius terbaik yang dimaksud adalah Muhammad Tito Karnavian (Menteri Dalam Negeri), Muhammad Basuki Hadimoeljono (Menteri PUPR), Edhy Prabowo (Menteri Kelautan & Perikanan), dan Budi Karya Sumadi (Menteri Perhubungan).

“Banyaknya tokoh muslim sukses yang merupakan alumnus sekolah katolik juga mementahkan hoax yg mengatakan bahwa misi sekolah katolik adalah untuk membaptis para muslim menjadi katolik,” jelas perempuan cantik penikmat lagu group musik Scorpion ini.

Selama ini, kata dia, banyak beredar berita hoax yang dihembuskan kaum radikal dan intoleran yang bertujuan untuk membuat bangsa Indonesia yang sudah harmonis dalam perbedaan menjadi terbelakang secara kecerdasan dan menjadi kaum reladikal yang dengan mudah dipecah belah.

Misi sekolah kristen katolik di Indonesia adalah untuk mencerdaskan bangsa Indonesia dan mengajarkan moral pluralisme & humanisme.

“Karena soal kecerdasan  spiritual & moral itu wajib hukumnya. Sedangkan soal ketaatan beragama adalah anugerah bagi masing-masing orang,” tambah pengagum Sylvester Stallone dan Bruce Willys ini. (nanang)