Gresik, (bisnissurabaya.com)- Ada yang menarik di Pura Kertabumi, Bongso Wetan. Apa itu? Yaaaa………, ternyata ada umat Hindu beretnis Madura di Kabupaten Gresik. Kebanyakan dari mereka menetap di Dusun Bongso Wetan, Desa Pengalangan, Kecamatan Menganti, tempat dimana Pura Kertabumi berada.

Sejak dibangunnya Pura Kertabumi 1989, Dusun Bongso Wetan, dikenal sebagai rumah yang tenang bagi umat Hindu beretnis Madura. Hidup dalam akulturasi beda budaya mereka bisa tentram dan damai, meski berdampingan dengan umat agama lainnya. Keberadaan mereka

mendapat respon yang baik dari warga sekitar. Karena itu, setiap hari umat Hindu juga banyak yang sembahyang di Pura Kertabumi ini. Jumlah itu semakin banyak lagi pada saat ada upacara atau hari-hari besar umat Hindu. Seperti Nyepi, Galungan, Saraswati dan Kuningan.

Selain warga Bongso, juga banyak umat Hindu di luar desa itu yang sembahyang di Pura Kertabumi ini. “Biasanya ada orang luar yang sembayang di pura ini. Seperti mahasiswa Hindu Ciputra, umat Hindu dari Surabaya, Mojokerto, Malang dan lainnya,” kata Dewi, umat pura tersebut kepada bisnissurabaya.com, di Gresik Jum’at (25/10).

Di Pura Kertabumi, kata Dewi, juga terdapat banyak kegiatan. Seperti perayaan hari suci diantaranya ada persembahyangan Purnama Tilem, Hari Raya Galungan, Kuningan, Saraswati, Siwaratri, Pagerwesi, Piodalan dan Nyepi.

Ada juga acara untuk remaja, yakni upanisad/arisan remaja, dan juga bapak-bapak ada kegiatan arisan/puja bakti dari rumah ke rumah setiap hari Sabtu malam. Yang menarik, ada kegiatan belajar mengajar setiap hari mulai dari playgroup hingga SD. (ayu)