Sidoarjo, (bisnissurabaya.com)- Indonesia memiliki ribuan pulau dan beragam kebudayaan, tradisi, dan seni. Diantaranya, seni tradisional, musik yang memiliki harmonisasi sangat indah. Salah satunya musik patrol. Kesenian ini adalah khas Jawa timur/Jatim. Warga yang menggemari dan mencintai kesenian tersebut bisa bergabung dalam komunitas musik patrol.

Arti musik patrol ini merupakan kesenian rakyat yang terkenal dan tersebar di penjuru peloso Indonesia.

Salah satunya, di Sidoarjo dengan groupnya yang diberi nama Wisnu Kencana Musik Patrol. “Nama group patrol ini berubah-ubah. Awalnya Klopo Nunggal dan saat ini Wisnu Kencana Musik Patrol,” kata Rifqy, salah satu personil musik patrol Kepada bisnissurabaya.com, di Sidoarjo Rabu (23/10).

Group yang didirikan sejak 2010, ini menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemar musik patrol. Berdirinya group ini berawal pertama kali memiliki tujuh personil. Namun, seiring berjalannya waktu bertambah hingga 15 personil. Meski menggunakan alat musik sederhana tetapi peminat group musik yang satu ini semakin banyak.

Menurut Rifqy, alat musik patrol yang digunakan sangat sederhana Misalnya, gong, kentongan, kenong, serta tong plastik. Meski sederhana, irama yang dihasilkan dari perpaduan dari alat musik ini sangat menarik perhatian penonton. Untuk menambah semangat dan mempertunjukkan bakat dihadapan banyak orang, personil musik patrol ini rutin mengikuti berbagai perlombaan, event dan undangan pentas. (ayu)