Jakarta, (bisnissurabaya.com)- Menteri perempuan hebat di Era Joko Widodo, jilid satu. Perjalanan panjang selama lima tahun para menteri perempuan di kabinet kerja benar-benar luar biasa. Para srikandi di Kabinet Kerja tersebut yaitu, Menko Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan, Puan Maharani (saat ini Ketua DPR RI) Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, Siti Nurbaya Bakar, Menteri BUMN, Rini Mariani Soemarno, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan  Anak, Yohana Susana Yambise, Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudji Astuti, dan Mensos Khofifah Indar Parawansa (saat ini menjabat Gubernur Jatim). Hingga akhir masa jabatannya, hanya ada enam menteri perempuan yang tersisa.

Mereka bekerja keras mendampingi Presiden  Jokowi dan Wakil Presiden M Jusuf Kalla, banyak suka dan duka yang dilewati dan rasakan.

“Di awal pengabdian, para srikandi tersebut merasa Indonesia ke depan begitu suram, penuh ketegangan dan tantangan yang harus dihadapi. Meski segala carut marut permasalahan negara tampak jelas di depan mata. Namun tak begitu saja mudah untuk dihadapi dan diselesaikan,” jelas Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung kepada para wartawan.

Namun, karena sebuah panggilan dan niat yang tulus dalam bekerja akhirnya semua berhasil dihadapi dengan baik.

“Semua yang telah mereka dedikasikan merupakan bukti nyata bahwa mereka tidak pernah lelah sedikitpun dalam mencintai negeri ini,” jelas mantan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan ini.

Kinerja dan pengabdian mereka menginspirasi bagi bangsa, terutama bagi generasi muda. “Bahkan, jika nantinya mereka sudah tidak terpilih kembali menjadi Menteri pada kabinet kerja diperiode kedua, saya yakin mereka tetap akan bekerja untuk negeri ini,” tambah mantan Wakil Ketua DPR RI ini.

Kami percaya bahwa setiap ilmu, wawasan dan jerih payah yang telah Ibu berikan tidak akan sia – sia, semuanya ada harga yang harus dibayarkan dan kami yakin suatu kelak Tuhan pasti akan perhitungkan semuanya. (nanang)