Surabaya, (bisnissurabaya.com)- Kepedulian Hotel Oriza kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah/UMKM. Komitmen Pemerintah Kota/Pemkot Surabaya dalam mengembangkan UMKM mendapat sambutan dari berbagai stake holder (pemangku kepentingan). Diantaranya, mall dan hotel.

Banyak hotel di Surabaya menyambut hangat himbauan tersebut. Diantaranya, Hotel Oriza Karang Menjangan.

Sejak 2015, hotel tersebut menjalin kerjasama dengan pelaku UMKM yang ada disekitarnya untuk mensuplai kebutuhan linen, sleeper, makanan, dan minuman.

“Kami ingin membantu Pemkot Surabaya dalam memberdayakan dan mensejahterahkan UMKM,” kata Hotel Manager/HM Hotel Oriza, Riza Audy Rizky, kepada bisnissurabaya.com belum lama ini.

Manager cantik ini juga menyimpulkan, bahwa masalah utama UMKM adalah mampu memproduksi barang secara bagus tetapi kurang memiliki kemampuan dalam pemasaran. Karena itu, dia bertekad untuk membantu mempromosikan produk para pelaku UMKM jahit yang selama ini sudah bekerjasama dengan hotel yang dikelolanya.

“Saya juga berupaya mencarikan akses agar produk UMKM bisa masuk di hotel-hotel di Surabaya,” jelas Sekretaris Indonesian Hotel General Manager Associate  (IHGMA) Jawa Timur/Jatim ini.

Sebagai wujud edukasi pengembangan UMKM sebagaimana dimaksud dalam revolusi industri 4.0, dalam waktu dekat akan  menggandeng pihak- pihak terkait mengadakan pelatihan peningkatan kapasitas untuk  pelaku UMKM.

“InsyaAllah bulan depan kegiatan link and match tersebut bisa dilaksanakan,” tambah alumni Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya ini. (nanang)