Sidoarjo, (bisnissurabaya.com)- Momen pelantikan presiden dan wakil presiden harus dijaga dengan baik. Artinya situasi diupayakan aman dan kondusif. Kondisi kondusif ini diinginkan oleh Forum Koodinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Udang.

Diawali dengan Shalat Subuh berjamaah, Forkopimda Kabupaten Sidoarjo yang dijuluki pula Kota Udang bersama tokoh agama, masyarakat, serta anggota TNI-Polri khidmat mengikuti segala rangkaian istighosah dan doa bersama. Kegiatan yang bertema dari Sidoarjo untuk Indonesia Damai ini digelar  di Mapolresta Sidoarjo, Sabtu (19/10).

Tampak hadir antara lain Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo, Wakil Bupati (Wabup) Sidoarjo, Kapolresta Sidoarjo, pimpinan jajaran TNI di wilayah Kabupaten Sidoarjo, Ketua MUI Kabupaten Sidoarjo, Ketua FKUB Kabupaten Sidoarjo, Ketua PCNU Kabupaten Sidoarjo, pengurus PD Muhammadiyah Kabupaten Sidoarjo, perwakilan Parpol, tokoh masyarakat, BEM se-Sidoarjo, dan beberapa undangan lainnya.

Acara istighosah dan doa bersama ini bertujuan sebagai ungkapan syukur atas kondusifitas kamtibmas yang sampai saat ini aman dan damai. Serta bermunajat memohon doa kepada Allah SWT, agar keamanan dan kedamaian di Indonesia ini terus terjaga.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho dalam kesempatan ini menyampaikan   syukur atas telah dilaluinya segala tahapan Pemilu 2019 sesuai konstitusi, juga situasi kamtibmas khususnya di Kabupaten Sidoarjo yang aman dan kondusif. Kemudian ia mengajak masyarakat Sidoarjo untuk terus bersama-sama menjaga kondusifitas dan kedamaian ini. Termasuk pula agenda pelantikan Presiden-Wakil Presiden.

“Mari terus jaga persatuan dan kerukunan dari Sidoarjo untuk Indonesia damai. Karenanya melalui istighosah dan doa bersama  ini, semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita semua serta merahmati Indonesia dengan penuh kedamaian,” pesan  Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho.

Lulusan Akpol 1997 ini juga menghimbau masyarakat agar pada momen pelantikan Presiden-Wakil Presiden yang bersamaan dengan pawai memperingati Hari Santri Nasional 2019, diikuti dengan tertib dan damai.

Pesan kepada masyarakat untuk turut menjaga keamanan dan kedamaian, juga disampaikan Wabup Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin. Pihaknya  menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kerja keras TNI-Polri dan masyarakat  Sidoarjo dalam menjaga keamanan dan kedamaian. “Sudah jangan ada lagi perbedaan, semua harus bersatu dan mari sambut pelantikan Presiden-Wakil Presiden besok serta peringatan Hari Santri Nasional dengan tertib,” ajak Wabup Sidoarjo.

Kegiatan ini berlangsung   lancar dan khidmat. Diakhiri dengan Shalat Istisqa berjamaah yang berharap musim hujan segera hujan. (rin)