Jakarta, (bisnissurabaya.com)- Hari Ulang Tahun/HUT Korps Pasukan Khas Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (Korpaskhas TNI AU) ke -72 terasa berbeda.

Kegiatan yang biasanya didominasi defile militer dan ketangkasan prajurit, kini diisi kegiatan yang mengusung muatan seni berbasis kearifan lokal.

Ukiran wajah KSAU. (Foto/ist)

Bertempat di lapangan Markas Wing 1 Paskhas, Jakarta, Kamis (17/10) terpampang ukiran  gambar raksasa wajah Panglima TNI Marsekal Dr (HC) Hadi Tjahjanto, dan Kasau Marsekal Yuyu Sutisna, yang terbuat dari sisa-sisa rumput hijau yang dimanfaatkan secara sempurna.

Tentu saja hal tersebut menambah keunikan tempat upacara yang tampak dari atas.

Ide pembuatan ukiran wajah kedua perwira tinggi bintang empat kebanggaan TNI AU tersebut berasal dari Komandan Korps Pasukan Khas (Dankorpaskhas) Marsda TNI Eris Widodo Yuliastono, untuk memberikan nuansa berbeda dan juga kebanggaan kepada seluruh prajurit Korpaskhas.

“Karya seni ini dimaksudkan untuk penghargaan sekaligus pemicu semangat seluruh prajurit Korpaskhas dalam mendarmabaktikan jiwa dan raganya untuk bangsa dan negara,” kata Dankorpaskhas Marda Eris Widodo Yuliantono, seusai upacara kepada para wartawan.

Kreativitas dan inovasi prajurit Korpaskhas ini mendapat apresiasi dari Kasau dan para undangan  lain yang hadir.

Pengambilan Foto  ukiran raksasa tersebut dilakukan dari pesawat tanpa awak (drone) oleh Asosisi Pilot yang  Drone Indonesia (APDI) yang dikoordinir Dispenau Korpaskhas. (nanang)