Surabaya, (bisnissurabaya.com)- Menciptakan pengusaha kopi dari kalangan mahasiswa. Budaya ngopi yang dilakukan berbagai kalangan utamanya para mahasiswa di kafe dan warung kopi, mengilhami Maspion Square, Surabaya TV dan Bisnis Surabaya menggelar Kopipreneur.

Para mahasiswa dari berbagai kampus di Surabaya seperti Universitas Airlangga (Unair), Universitas Narotama (Unnar), Universitas 17 Agustus 1945 (Untag), Universitas Dr Soetomo, dan (Unitomo), berkumpul di Maspion Square Surabaya, Rabu (16/10) untuk mendengarkan pemaparan lomba pembuatan proposal coffee business plan.

Yohanes Pengelola Warung Mami sedang memberikan tips usaha kopi. (Foto/nanang)

“Ada 3 kegiatan Kopipreneur. Yaitu, Ngopi bareng, Edukasi kopi, dan penjelasan lomba pembuatan business plan kopi,” kata Manager Event dan Promosi Maspion Square, Sam Yoko, kepada bisnissurabaya.com.

Di Float Cafe, para peserta mendengarkan dan melihat langsung cara pembuatan kopi yang dijelaskan oleh Barista Andik, semua peserta memperhatikan secara serius dan seksama. Kemudian di ruang kelas Maspion IT, peserta mendapatkan pengetahuan dan strategi bisnis kopi yang disampaikan  Pemilik Float Cafe, yang juga Java Cafe, dan Angkringan Mak Joss, Abdullah Pusoro.

Psikolog bisnis Megawati sedang memberikan motivasi. (Foto/nanang)

“Dari tanya jawab dan dialog yang ada, tampak sekali para mahasiswa antusias mengikuti program ini,” papar presenter yang akrab disapa Kak Yoko ini.

Rangkaian acara pembukaan Kopipreneur ditutup dengan ngopi bareng di Warung Mami, sambil mendengarkan motivasi dari para praktisi seperti pengelola Warung Mami, Yohanes dan staff, pelaku UMKM Kopi Al Bin, Nani, dan Psikolog Bisnis, Megawati.

“Mulai 1 November hingga 31 Desember 2019, sambil dilakukan sosialisasi ke kampus-kampus, peserta dapat mengirim proposal business plan ke Maspion Square,” tambah Manager berkacamata ini.

Pada Januari 2019, bertepatan dengan HUT Maspion Square, 3 orang pemenang lomba business plan akan diumumkan. Mereka akan mendapat hadiah berupa alat pembuat kopi, both, dan sewa stand gratis selama 3 bulan di Maspion Square. (nanang)