Gresik, (bisnissurabaya.com)- Musim kemarau tahun ini diprediksi bakal panjang. Termasuk di wilayah Kota Pudak, sebutan lain Gresik sebagian terdampak. Akibatnya permukaan lahan pertanian, pertambakan pecah-pecah dan masyarakat menderita kekurangan pasokan air bersih.

Mencermati kondisi kekeringan ini Kapolres Gresik tergerak dan terjun memberi bantuan yang sangat diperlukan warga yaitu air. Sebanyak 7 truk tangki dikirim ke Desa Tumapel Kec. Duduk Sampeyan Gresik, Selasa (15/10).

Mendapat droping air ini sejumlah warga tampak senang. Dengan membawa timba dan jurigen warga menyerbu balai desa setempat tempat penyaluran bantuan air. Wajah mereka yang didominasi ibu tampak sumringah.

Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo mengatakan  kegiatan ini merupakan bhakti sosial  pemeriksaan kesehatan gratis dan pembagian air bersih dalam rangka Cipta Kondisi yang Aman dan Kondusif menuju Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2019. “Mudah-mudahan bantuan air ini bisa sedikit meringankan beban warga Desa Tumapel dan sekitarnya. Dan tidak usah berebut karena ada 7 tangki masing berisi 5 ribu liter, ” papar Kapolres.

Turut hadir dalam kegiatan ini AKP Jingga Novriyanto Kasat Intelkam, AKP Windu Kasat Sabhara, IPDA Sugioto Kasi Dokkes, Khoirul Huda Kades Tumapel. Juga tampak Pengurus PAC Ansor Kec. Duduk Sampeyan dan alwi Baraqbah  Korlap DPW FPI Gresik.

Seperti diketahui Kec. Duduk Sampeyan terdiri dari 23 desa. Dan selama ini Polsek Duduk Sampeyan juga sudah beberapa kali memberikan bantuan air bersih ke beberapa desa antara lain Kemudi, Petisbenem Pelaksanaa bantuan air bersih di Desa Tumapel secara umum berjalan lancar dan gayeng.

Salah seorang warga Sujiman merasa senang dan mengucapkan terima kasih atas bantuan ini. Menurutnya untuk membuat sumur bor biayanya lumayan tinggi karena harus mencapai kedalaman 100 meter. (sam)