Surabaya, (bisnissurabaya.com)- Sebagai Kota Metropolitan, Surabaya bukan berarti hanya berisi gedung bertingkat saja. Namun, kelestarian alam pun masih tetap terjaga dan dipertahankan. Seperti Pemerintah Kota/Pemkot Surabaya berinisiatif membangun dan melestarikan hutan kota.

Salah satunya Hutan Kota Pakal. Hutan yang dibangun di daerah Benowo ini memiliki daya tarik untuk menarik wisatawan agar berkunjung dan menikmati kesejukan di tempat wisata yang satu ini. Hutan Kota Pakal ini sungguh sejuk, karena dipenuhi berbagai pohon. Seperti, pinus, cemara udang, ketepeng, sawo kecik, trembesi, mahoni, dan akasia.

Pengunjung hutan kota pakal sedang menikmati keindahan dengan ber selfi ria

 

Wisata hutan ini mempunyai luas sekitar 6 hektare. Selain pepohonan, terdapat juga tambak-tambak yang diisi dengan bibit ikan untuk dikembangkan. Di hutan kota ini juga ada danau berbentuk kupu-kupu yang indah. Sehingga banyak wisatawan yang mampir untuk sekedar ber selfi ria.

“Disini kalau ramai hari Sabtu dan Minggu. Banyak yang datang kesini untuk camping, ada juga yang hanya berjalan-jalan menyusuri hutan kota dan ber selfi ria,” kata salah satu pedagang di Kantin Hutan Kota, Wiwik, kepada bisnissurabaya.com, Minggu (13/10). Di Hutan Kota Pakal juga ada pedagang yang awalnya berdagang di pinggiran jalan hutan.

Setelah berjalannya waktu Pemkot Surabaya mendirikan kantin yang menyediakan berbagai macam makanan, minuman dan camilan. (ayu/fania)