Mojokerto, (bisnissurabaya.com)- Ini kado istimewa bagi pemerintahan di kota Onde-onde. Mengingat salah satu pemerintahan di level terendah mendapat apresiasi. Yaitu Desa Kalikatir Kecamatan Gondang, Mojokerto dinobatkan sebagai Desa Tangguh Bencana (Destana) 2019 kategori Pratama.

Penghargaan diserahkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, pada Wakil Bupati (Wabup) Mojokerto Pungkasiadi, saat upacara peringatan hari jadi Provinsi Jawa Timur  ke-74,  di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu (12/10).

Dengan mengambil tema “Semangat Nawa Bhakti Satya untuk Jawa Timur Maju Sejahtera”, Gubernur Khofifah ingin peringatan hari jadi ke-74, menjadi pemacu semangat agar Jawa Timur bisa maju dari semua lini. Tak cukup mengantongi prestasi saja, namun harus mampu mengatasi berbagai problem di masyarakat. Seperti kemiskinan, kesehatan, kelestarian lingkungan, dan lain-lain.

“Provinsi Jawa Timur sudah banyak capaian prestasinya. Namun kita harus tetap melanjutkan perjuangan. Seperti mengentaskan kemiskinan, menciptakan lapangan kerja, membangun karakter masyarakat, mengatasi masalah kesehatan, menjaga kelestarian lingkungan, serta merajut keharmonisan sosial,” kata Khofifah yang bertindak sebagai Irup.

Gubernur  juga sempat mengutip sebuah kaidah yang artinya memelihara yang lama yang baik, dan mengambil yang baru yang lebih baik. Menurutnya hidup senantiasa menuntut perubahan.

“Maka dari itu kami berusaha melanjutkan hal-hal baik dari pemerintahan sebelumnya. Kami terus berinovasi untuk menjawab dinamika, denga semangat CETTAR (cepat, efektif, efisien, transparan, tanggap, akuntabel, dan responsif),” tambah orang nomor satu di Jawa Timur.

Gubernur pada kesempatan ini juga memberi anugerah Lentjana Jer Basuki Mowobeo, pada forum komunikasi Jawa Timur, Panglima V Brawajiya, Komando Armada TNI Anggkatan Laut, dan Kapolda Jawa Timur.

 

Sebagai informasi, upacara hari jadi Provinsi Jawa Timur ke-74, juga dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Mojokerto di hari yang sama di halaman kantor Pemkab Mojokerto. Upacara dipimpin  Dandim 0815 Letkol Kav Hermawan Weharima selaku Irup.

Beberapa penghargaan juga diserahkan pada upacara ini. Antara lain kompetisi, inovasi, pelayanan publik, dan gelar budaya kerja tahun 2019. (sam)