Surabaya,(bisnissurabaya.com)- Setelah 3 tahun berdiri, Riliv merilis fitur meditasi online pertama di Indonesia.

Fitur ini dilengkapi panduan meditasi berupa audio berbahasa Indonesia yang dapat diakses langsung dari aplikasi Riliv. Aplikasi ini dapat membantu masyarakat Indonesia mengatasi masalah psikologi dan juga memperkenalkan kesehatan mental secara mudah dan praktis.

Chief Executive Officer sekaligus Co-Founder Riliv, Audrey Maximillian Herli, mengatakan, aplikasi Riliv diciptakan karena ia menilai angka bunuh diri yang semakin tinggi. Sementara jumlah psikolog, dinilai masih minim di Indonesia. Sehingga aplikasi Riliv diharapkan dapat membantu mengatasi permasalahan psikologi dan bisa digunakan untuk meditasi secara online kapanpun dan dimanapun.

“Kami tidak ingin orang menggunakan Riliv hanya ketika membutuhkan bantuan konseling. Kami ingin Riliv juga ada bagi teman-teman untuk menjaga kondisi kesehatan mental yang sudah baik,” kata Maxi di Surabaya Jum’at (11/10).

Secara sederhana, Riliv Hening merupakan layanan meditasi online untuk masyarakat Indonesia agar lebih bahagia. Meditasi ini digunakan untuk menenangkan diri agar terhindar dari kecemasan berlebihan dan depresi.

Dia menjelaskan, meditasi online ini sudah dilengkapi dengan panduan yang mudah dipelajari oleh pemula. Seluruh konten meditasi yang ada di Riliv sudah dikurasi oleh Hendrick, selaku pakar meditasi sekaligus Co-Founder Mindful Project yang telah berhasil mengatasi depresi melalui meditasi selama 3 tahun.

“Kami berharap menjadi one stop application kesehatan mental tidak hanya mengatasi gangguan psikologis, namun juga mencegahnya dengan aplikasi Riliv,” katanya.

Menurut dia, meditasi juga bisa dilakukan saat pikiran tidak nyaman sehingga dapat mengurangi stress, mengontrol emosi, dan mengurangi kecemasan, hingga mengatasi kecanduan zat adiktif maupun game dan media sosial. Melalui Riliv Hening, orang-orang yang sibuk bisa melakukan meditasi secara singkat. Sebab, penggunaannya sangat praktis bagi mereka yang memulai aktivitasnya dengan baik tanpa mempunyai kecemasan yang berlebihan.

“Riliv berusaha mematahkan mitos bahwa meditasi berarti mengosongkan pikiran, duduk bersila, dan diam beberapa menit. Tetapi meditasi dapat dilakukan dengan posisi yang nyaman dan sadar penuh akan keadaan sekitar,” pungkasnya.

Sebagai diketahui, Riliv adalah salah satu startup Surabaya yang fokus pada aplikasi konseling online. Aplikasi Riliv sudah terkoneksi dengan ratusan psikolog professional yang telah memiliki surat izin praktek. (ton)