Sidoarjo, (bisnissurabaya.com) – Badan Permusyawaratan Desa/BPD, jangan hanya sebagai lembaga yang berjalan secara formalitas dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Disamping itu, jangan hanya bertugas memberikan legitimasi kepada pemerintah desa.

“Kita berharap BPD benar-benar efektif dan memiliki kekuatan check and balance bersama masyarakat yang diwakili pemerintah desa,” kata Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah di Sidoarjo Rabu (9/10).

Dia berharap, setiap anggota BPD dapat meningkatkan kualitas, kompetensi dan inovasi serta bisa memahami regulasi yang berlaku dan menghindari hubungan yang kurang harmonis dengan pemerintah desa.

Saiful Ilah, yang akrab disapa Abah Ipul ini, memberikan arahan kepada 26 Anggota  BPD Desa Pekarungan, Desa Sukodono, Desa Cangkringsari dan Desa Suruh, Kecamatan Sukodono.

Bupati Saiful Ilah, mengatakan, sesuai Permendagri No 110 Tahun 2016 Tentang BPD bertujuan membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama kepala desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa dan lakukan pengawasan kinerja kepala desa. (rin)