Surabaya, (bisnissurabaya.com)- Singapura manjakan turis Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition (Mice). Untuk peningkatan layanan turis potensial disektor ini, Singapore Tourism Board (STB)  selaku otoritas yang menangani  parawisata Singapura mulai menjalankan program  insentif  In Singapore Incentives & Rewards (INSPIRE). Program ini dilakukan dengan menggandeng 29 pebisnis lokal Singapura.

INSPIRE global ini didukung kinerja yang sangat baik dari pengunjung sektor Business Travel-Meetings, Incentives, Conventions and Exhibitions/BTMICE ke Singapura. Pada 2018, Singapura menyambut lebih dari 2,9 juta pengunjung BTMICE, dengan tingkat pertumbuhan mencapai 12,1 persen dari 2017.

Penerimaan sektor pariwisata1 naik 7,2 persen mencapai S$4.68 juta di 2018, dibandingkan dengan periode yang sama pada 2017. Area Director STB Indonesia di Surabaya, Jolene Goh, mengatakan, sebagai penghubung antara pasar Asia dan dunia, Singapura ingin memberikan penawaran terbaik di ranah BTMICE untuk wisatawan bisnis dari regional termasuk para perusahaan Indonesia yang telah menjadikan Singapura sebagai destinasi perjalanan bisnis.

Selain itu, perjalanan insentif dengan Cruise atau kapal pesiar kini semakin diminati banyak perusahaan karena menawarkan pengalaman perjalanan yang menyenangkan dan value-for-money, di mana mencakupi fasilitas pertemuan dan konferensi yang unggul.

Dari respons positif perusahaan-perusahaan di Asia Tenggara inilah STB meluncurkan secara global program INSPIRE untuk menunjukkan ke pasar yang lebih luas bahwa Singapura bukan sekadar tempat menggelar acara BTMICE. Wisatawan bisnis kini bisa menjelajahi berbagai pengalaman menarik di Singapura melalui penawaran INSPIRE yang akan membuat perjalanan bisnis menjadi lebih berkesan.

“Bersama dengan para pebisnis lokal Singapura, STB telah merancang sejumlah pilihan pengalaman grup, mulai dari bersantap hingga social networking, dari atraksi objek wisata hingga tur tematik, serta pengalaman team building yang tak akan terlupakan, seluruhnya disesuaikan dengan gambaran profil pengunjung MICE yang ada. Paket insentif ini telah didesain sebagai pelengkap rencana perjalanan group.

Mengambil pengalaman dari program INSPIRE yang diberikankepadapeserta dari Asia Tenggara termasuk dari Indonesia, kami telah merancang paket yang memberikan pengalaman eksklusif yang menampilkan hal terbaik yang ditawarkan Singapura.

“Program insentif sebelumnya telah diterima luas perusahaan dan agen insentif bisnis di Indonesia. Hal ini tampak dari pertumbuhan yang stabil dari grup insentif bisnis yang berkunjung ke Singapura dalam tiga tahun terakhir.

Program global yang baru ini merupakan sebuah peningkatan yang diharapkan dapat mendukung grup bisnis dengan lebih baik dengan menghadirkan program-program khusus secara komplementer, dan berpotensi menerima jumlah yang lebih banyak, tergantung pada kualitas grup tersebut. Program ini dimaksudkan untuk memastikan Singapura tetap menjadi destinasi MICE yang kompetitif di kawasan ini,” tambah Jolene. (nanang)