Surabaya, (bisnissurabaya.com)- Sipil dan militer guyub doa bersama. Yakni, melakukan istighosah dan doa bersama tersebut digelar Kapolda Jatim, Inspektur Jenderal Polisi Drs Lucky Hermawan di Lapangan Mapolda Jatim, Minggu (6/10). Istighosah ini diikuti 8.000 orang, terdiri dari masyarakat sipil, TNI, Polri diantaranya Gubernur, Ketua DPRD, Pangdam V/Brawijaya, Kasdam V/Brawijaya, Wakil Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL), Panglima Divisi Infanteri II Komando Strategis Angkatan Darat (Pangdifiv II Kostrad), Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jatim, Ketua Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama  (PWNU) Jatim, serta seluruh pejabat Forkopimda Jatim.

Kapolda Jatim Irjen Pol Drs Lucky Hermawan, mengatakan doa bersama dan istighosah ini salah satu upaya untuk mendoakan terciptanya kedamaian di Indonesia. Hal ini, dalam serangkaian perayaan HUT ke-74 TNI. “Dalam rangka rangkaian HUT ke-74 TNI, Polri menggelar istighosah dari Jatim untuk Indonesia. Kami melakukan ini karena kami sudah banyak berbuat dengan langkah untuk menciptakan rasa aman, tinggal doa yang kami harapkan,” kata Irjen Pol Drs. Lucky Hermawan.

Perwira tinggi bintang 2 tersebut berharap dengan pembacaan doa ini bisa menciptakan suasana Jatim yang adem ayem. Hal ini untuk menyikapi adanya situasi dibeberapa wilayah Indonesia yang mulai memanas. “Mudah-mudahan Indonesia semakin damai, permasalahan yang ada disini, Papua, dan di tempat mana yang bergejolak dan Jakarta sebagai pusat pemerintahan dan permasalahan bisa selesai,” jelas orang nomor satu di korps kepolisian Jatim ini.

Sementara itu, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI R Wisnoe Prasetja Boedi, mengatakan, doa bersama ini salah satu upaya penting dalam menjaga keamanan di Indonesia. Selain itu, Wisnoe, juga menyinggung amanat Panglima TNI yang menegaskan pentingnya meningkatkan keimanan dan ketakwaan dalam menghadapi setiap persoalan bangsa.

“Tadi sudah disampaikan Gubernur Jatim, ada lima pesan dari Panglima TNI. Yang pertama meningkatkan keimanan dan ketakwaan, karena semua itu akan berpulang kepada Allah dan keikhlasan kita mengabdi kepada masyarakat,” kata Pangdam V/Brawijaya.

Sedangkan Pangdiv II Kostrad, Mayor Jenderal TNI Tri Yuniarto, S.Ap, M.Si, M.Tr (Han) selaku tamu undangan juga menyampaikan hal yang sama. Perwira tinggi baret hijau tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kapolda Jatim karena telah diundang pada acara yang mulia itu.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Kapoda Jatim Irjen Pol Drs Lucky Hermawan, yang telah mengundang pada acara yang menurut saya sangat mulia ini. Harapan kita semua sama, membuat Negara Kesatuan Republik Indonesia/NKRI ini menjadi negara yang aman, damai, makmur serta sejahtera,” ungkapnya. (nanang)