Sidoarjo, (bisnissurabaya.com)- Peran pemuda sangat diharapkan semua pihak. Karena itu, Pemerintah Kabupaten/Pemkab Sidoarjo mengajak organisasi kepemudaan di Sidoarjo bahu-membahu, mengembangkan pembangunan di Sidoarjo. Hal itu demi terciptanya kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Penegasan itu dikemukakan Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah, saat Pelantikan Anggota Pengurus Baru, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sidoarjo 2019-2022 Sabtu (5/10) malam.

“Generasi muda Indonesia sebagai bagian dari bangsa Indonesia memiliki tanggung jawab besar dalam menumbuhkembangkan dan mengembangkan kesadaran ¬†pemuda yang ada di Indonesia khususnya Sidoarjo,” kata Bupati Syaiful Ilah.

Melalui wadah KNPI Sidoarjo, diharapkan para kadernya mampu menciptakan, mencerdaskan dan mengembangkan serta membantu dalam percepatan pembangunan nasional yang ada di daerah, khususnya Sidoarjo.

“Melalui aktivitas generasi muda ini diharapkan mampu membangun figur muda yang handal dan profesional diberbagai bidang. Marilah kita bekerjasama yang baik untuk membangun Sidoarjo yang lebih baik lagi,” jelasnya.

Pihaknya mengajak kepada seluruh kader KNPI agar dapat berperan aktif dalam mengatasi berbagai persoalan yang ada di kabupaten Sidoarjo. Terutama dalam mewujudkan pemerintahan yang lebih baik, dan turut serta dalam menjaga keutuhan, kerukunan, keamanan dan kenyamanan di masyarakat.

Sementara, Ketua DPD KNPI Kabupaten Sidoarjo, Ridho Prasetyo, berterima kasih atas dukungan yang diberikan pemerintah daerah, dalam melibatkan kalangan pemuda. Sehingga mereka bisa turut aktif dalam  memberikan kontribusi yang positif untuk mengembangkan dan memajukan pemerintahan di Sidoarjo yang lebih baik.

“2019 ini, saya sebagai ketua KNPI yang baru tentunya harus bisa mengajak kalangan pemuda untuk berperan aktif dalam memberikan sumbangsih yang positif demi kemajuan Sidoarjo. Pemuda harus bisa memberikan masukan yang baik, beraudiensi dengan pemerintah daerah yang baik. Sehingga kedepan tercipta sinergitas pemuda dan pemerintah daerah dalam menumbuhkembangkan Sidoarjo yang positif,” ujar Ridho.

Dalam kepengurusan yang baru, ia sengaja mengambil tema besar “Pemuda simpul Kebhinekaan”. Akhir-akhir ini, bangsa Indonesia sedang menghadapi suatu persoalan yang dapat memecah bangsa. Nah, dengan kepengurusan yang baru ini, diharapkan mampu menetralisir upaya-upaya berbagai pihak yang akan memecah belah bangsa.

“Kami sengaja mengambil tema ini, dengan harapan pemuda harus bersatu, dan jangan sampai mau dipecah belah dengan isu-isu ras, suku, maupun ¬†agama. Kami memohon dukungan pemuda di Sidoarjo, baik yang tergabung dalam organisasi kepemudaan maupun organisasi kemahasiswaan untuk sama-sama menjaga kondusifitas, keamanan dan ketertiban di Masyarakat,” harapnya.

Kurang lebih 150 anggota baru DPD KNPI Kabupaten Sidoarjo resmi dikukuhkan. Mereka tersebar di 18 Kecamatan, 353 desa/kelurahan di Sidoarjo. (rin)