Sidoarjo, (bisnissurabaya.com)- Dalam satu bulan terakhir atau  sejak 1 hingga 30 September 2019, Satresnarkoba Polresta Sidoarjo berhasil mengungkap 57 kasus dan 62 tersangka. Barang bukti yang diamankan berupa  ganja sebanyak 2,77 gram dan 11 ganja masih dalam bentuk pot, sabu sabu 72  gram, pil dobel L 80. 000 butir,  senjata laras panjang dua pucuk, senjata pendek satu pucuk dan 45 Hp.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho menjelaskan  dalam pengungkapan kasus narkoba ini, pihaknya juga mengamankan satu kasus jaringan pengedar sabu sabu di wilayahnya. “Dari 62 tersangka kita mengamankan satu orang jaringan pengedar narkoba,” papar Kapolresta di Sidoarjo, Jumat (4/10).

Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho menambahkan, terkait dengan pohon ganja yang masih didalam pot. Menurutnya, yang bersangkutan berusaha menanam pohon ganja di pot untuk dikonsumsi sendiri. “Untuk sementara dipakai sendiri, kita masih telusuri dari mana pohon ganja yang ia dapat,” imbuhnya.

Sedangkan  terkait dengan kepemilikan senjata rakitan (air soft gun), pada saat melakukan pengerebekan di rumah tersangka yang ditemukan tiga senjata tersebut, serta ditemukan narkoba jenis sabu-sabu akan ditelusuri lebih lanjut. “Kita telusuri dari mana senjata itu, karena tidak dilengkapi surat surat. Katanya senjata itu untuk jaga diri pada saat yang bersangkutan keluar rumah,” pungkas Zain. (rin)