Surabaya, (bisnissurabaya.com)- Surabaya kaya akan wisata. Banyak turis mancanegara datang untuk menghabiskan waktu luang bersama teman, keluarga bahkan pasangan. Salah satu wisata yang sedang digandrungi adalah wisata hutan Mangrove yang berada di Pantai Timur Surabaya, khususnya daerah Wonorejo, Rungkut Surabaya.

Hutan Mangrove ini relatif baru dibandingkan wisata alam lainnya. Karena, baru dibuka awal 2010. Namun, hingga kini hutan bakau tersebut masih berada dalam tahap pengembangan. Meski demikian, proyek ini tidak mengganggu wisatawan yang datang.

Wisata Mangrove Wonorejo sering disebut Wisata Anyar Mangrove (WAM) atau Mangrove Gunung Anyar. Karena kawasan hutan bakau ini berada di Gunung Anyar. Yang menarik, wisata hutan Mangrove Wonorejo menjadikan kayu dan bambu sebagai jalannya. Serta membuat suasana alam menjadi lebih asri.

Yang menarik, banyak pengunjung berlomba untuk mendapatkan foto selfi dengan suasana yang berbeda. Wisata ini juga menyediakan pendopo untuk pengunjung yang ingin beristirahat ataupun berfoto ria. Ada juga, sebagian orang melanjutkan perjalanan menuju dermaga yang akan membawa mereka ke pusat Hutan Mangrove.

Untuk menuju Hutan Mangrove, wisatawan harus naik perahu yang tarifnya Rp 25.000 untuk orang dewasa dan Rp 15.000 untuk anak-anak. Juga ada speedboat yang disewakan dengan harga Rp 300.000 per kapal.

Setelah sampai di pusat hutan, pengunjung bisa melihat hewan-hewan. Seperti, kera ekor panjang, dan burung. Udaranya pun sangat segar membuat rileks dan lupa sejenak akan stress pekerjaan dan kehidupan sehari-hari.

Selain menaiki perahu, pengunjung bisa jalan-jalan di area yang disediakan. Seperti, joging track. Biasanya, pengunjung yang sudah lelah berkeliling akan mampir ke kantin untuk beristirahat dan makan.

“Saya tadi keliling, setelah itu jalan-jalan di jogging track. Karena capek, jadi istirahat dulu di kantin untuk mengisi tenaga,” kata salah satu pengunjung, Erna, kepada bisnissurabaya.com Wisata alam Hutan Mangrove ini menjadi salah satu obyek wisata yang selalu dikunjungi wisatawan. Apalagi saat weekend/hari libur, tak ada habisnya pengunjung datang, mulai anak-anak, remaja milenial, dewasa bahkan turis mancanegara selalu berdatangan. (fania/ayu)