Gresik, (bisnissurabaya.com)- Dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), petinggi keamanan di Kota Pudak memiliki terobosan baru. Sebuah terobosan yang pada akhirnya bisa menciptakan ketenangan dan rasa aman masyarakat.

Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo, menciptakan program baru yang diberi nama Nasi Krawu (NyAngkruk bareng polisi untuk keamanan KeRukunAn Wargaku).

Program Nasi Krawu itu mulai diperkenalkan  di Kantor Desa Kembangan, Kecamatan Kebomas Gresik, Rabu (2/10).

Kapolres yang menjabat di Kota Pudak 3 hari itu  mengajak semua elemen masyarakat dari sejumlah Kepala Desa, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta organisasi pemuda nyangkruk bersama dalam rangka meningkatkan keamanan di wilayah masing-masing.  Kapolres juga membuka  diskusi masalah-masalah yang terjadi masyarakat.

Kusworo, menambahkan  program ini tujuannya membuat warga nyaman dan aman. Sekaligus upaya memerangi penyakit masyarakat yang ada di lingkungan masing masing, seperti bandar judi, bandar narkoba, miras, begal atau kejahatan yang meresahkan lainnya.

“Sebagai warga baru, kami mohon dukungan semoga melalui kegiatan ini kami bisa lebih dekat dengan masyarakat sebagai mitra Polri. Menyerap aspirasi masyarakat terutama dalam hal tindak kejahatan yang rawan terjadi diwilayah Gresik,” papar AKBP Kusworo.

Ia menyatakan program Makan Pagi Nasi Krawu (NyAngkruk bareng polisi untuk keamanan KeRukunAn Wargaku) akan digulirkan terus ke semua desa di seluruh Kabupaten Gresik.

“Waktunya kita sesuaikan dengan kondisi, yang jelas semua kepala desa harus tahu dan paham program Nasi Krawu. Agar nantinya Nasi Krawu (NyAngkruk bareng polisi untuk keamanan KeRukunAn Wargaku) bisa disampaikan kepada masyarakat Gresik, demi terwujudnya kamtibmas yang aman dan kondusif,” tandasnya. (sam)