Surabaya, (bisnissurabaya.com)- Hubungan antara Taiwan dan Indonesia dibidang kesehatan cukup erat. Berbagai  program kerjasama kesehatan dilakukakan kedua Negara. Diantaranya, operasi bibir sumbing yang dilakukan di Mataram, Nusa Tenggara Barat. Pada 2018-2019, ada 135 pasien dari warga kurang beruntung disana diobati dokter Indonesia dan Taiwan.

“Tidak hanya itu, ada 12 dokter Indonesia didampingi dokter ahli dari Changheng Hospital Taiwan belajar operasi bibir sumbing, ” kata dokter Ummu kepada bisnissurabaya.com di sela-sela Taiwan Expodi ¬†Surabaya belum lama ini. Dokter Ummu adalah salah satu dokter Indonesia dari Rumah Sakit Universitas Mataram yang mendapat kesempatan belajar operasi bibir sumbing di Taiwan.

“Saya merasa betah belajar di Taiwan. Selain dokter disana tulus dalam membagi ilmunya, mereka tidak pernah membedakan agama apapun. Beaya hidup disana juga cukup murah, ” jelas dokter cantik berhijab ini. Karena dianggap sukses, gelaran serupa akan digelar pada 19-23 November mendatang, juga kerjasama Taiwan- Indonesia di Mataram. (nanang)