Gresik, (bisnissurabaya.com)- Sedekah bumi merupakan adat rasa syukur manusia terhadap Tuhan. Karena, telah memberikan rejeki hasil bumi. Seperti warga Desa Pengampon, Kecamatan Menganti, Gresik, yang mengadakan kegiatan rutin ini setiap tahunnya Minggu (29/9). Misalnya, menyelenggarakan karnaval dan kirab tumpeng dalam rangka sedekah bumi.

Acara ini mendapat respon positif dari warga setempat yang berbondong-bondong karena sedekah bumi digelar keliling kampung. “Saya warga sini sangat senang diadakannya sedekah bumi. Ini perwujudan rasa syukur kita terhadap tuhan,” kata salah satu warga, Lely, yang turut hadir memeriahkan sedekah bumi.

Ritual sedekah bumi, diawali dengan arak-arakan tumpeng raksasa yang dibentuk, seperti sapi dari kreativitas warga setempat. Kemudian, tumpeng raksasa diarak keliling kampung. Setelah diarak, tumpeng yang berisi aneka buah tersebut dikerumuni ratusan warga. Mereka terdiri dari anak-anak hingga dewasa dari dusun setempat yang bersiap merebut habis isi tumpeng.

Selain arak-arakan tumpeng, ada juga karnaval dengan memakai kostum menarik beraneka warna. Karnaval unik ini diikuti seluruh warga Desa Pengampon, mulai bocah, remaja milenial, dewasa hingga bapak dan ibu turut meramaikan acara ini.

Selain adu kreativitas yang di pamerkan, setiap ikon RT yang ditampilkan harus didukung warganya saat berkeliling kampung, sebagai syarat menjadi pemenang sedekah bumi ini. (ayu)