Sidoarjo, (bisnissurabaya.com)- Puluhan generasi milenial Sidoarjo mengikuti sarasehan yang diselenggarakan oleh wartawan yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Sidoarjo (AJS). Sarasehan mengangkat tema “Jurnalistik Era Milenial”.

Kegiatan ini kerja sama antara AJS dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sidoarjo. Dengan tujuan memberikan pengetahuan dasar-dasar jurnalistik. Acara berlangsung di Warung Rejo, Sidoarjo, Selasa (24/9).

Peserta sarasehan berasal dari berbagai sekolah. Seperti  SMAN 1 Wonoayu, SMAN 4 Sidoarjo, SMA Cendekia Mandiri dan Madrasah Aliyah Negeri 1 Sidoarjo.

Ketua AJS Agus Susilo berharap dengan kegiatan sarasehan ini organisasinya bisa memberikan kontribusi bagi generasi milenial untuk lebih memahami dasar-dasar menjadi jurnalis. Salah satu tugas pers adalah selain memberikan informasi yang berimbang juga memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari tugas pers yakni memberikan ruang edukasi kepada generasi milenial”, ujar Agus.

Sarasehan ini bisa terwujud atas kerjasama AJS dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sidoarjo.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sidoarjo Setyo Winarno menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh AJS.

Menurut Setyo Winarno, sarasehan dengan melibatkan generasi milenial hal yang sangat tepat sekali.

“Sekarang ini memang lg era generasi milenial dan pengguna media sosial (medsos) didominasi oleh generasi milenial. Sarasehan ini bisa menjadi bekal sekaligus mengedukasi siswa agar memiliki pengetahuan dasar dalam dunia jurnalistik, termasuk menulis dan menyeleksi informasi yang beredar di media,” paparnSetyo.

Ada dua narasumber yang dihadirkan dalam acara sarasehan ini.  AJS menggandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sidoarjo dan Forwas (Forum Wartawan Sidoarjo).

PWI mengirim sekretarisnya, Musta’in dari media Harian Bangsa yang didapuk menjadi narasumber atau pemateri yang membahas kerja jurnalis pada media cetak dan online.

Sedangkan dari Forwas mengirim wakil sekretarisnya, Yoyok Agusta dari media MNC TV dengan materi  seputar kerja jurnalis pada bidang media televisi.

Ketua Forwas Eko Yudho yang juga wartawan SCTV wilayah Sidoarjo turut  mendukung kegiatan tersebut. Menurut Eko pengetahun tentang dasar-dasar jurnalistik perlu diketahui oleh para generasi milenial. Tujuannya adalah agar para generasi milenial mengetahui dan bisa membedakan antara informasi yang benar dan hoax.

“Minimal generasi milenial terbekali dengan prinsip 5W + 1 H , dan kegiatan seperti ini bisa diperluas lagi melibatkan sekolah-sekolah yang ada di wilayah Sidoarjo,” tambah pria salah satu wartawan senior di Sidoarjo ini. (rin)