Surabaya, (bisnissurabaya.com) –  Kuliah di fakultas kedokteran/FK menjadi idaman semua siswa SMA. Apalagi di FK Universitas Airlangga/Unair. Karena itu, diperlukan kerja keras dalam belajar. Bahkan, pemerintah dalam hal ini kementerian pendidikan sudah berupaya memberi kemudahan kepada calon mahasiswa. Misalnya, melalui jalur prestasi, bidikmisi dan hafids qur’an.

Penegasan itu dikemukakan Dekan FK Unair, Prof Dr Sutoyo, dr., Sp.O (K), kepada bisnissurabaya.com di Surabaya Senin (23/9) kemarin. Ia menyatakan, FK Unair sejak 2002 lalu setiap tahun mengadakan lomba international Medical Science and Application Competition/ MEDSPIN yang diikuti siswa kelas 12 SMA di Indonesia bahkan SMA dari luar negeri.

Prof Dr Sutoyo, dr., Sp.O (K) (kiri)

‘’Untuk lomba kali ini, Rektor Unair sudah mengeluarkan kebijakan bagi yang juara pertama langsung mendapat hadiah kuliah di FK Unair untuk tiga orang,’’ kata Sutoyo. Seperti diketahui, FK Unair akan mengadakan kegiatan rutin tahunan yaitu MEDSPIN pada 3 November 2019. MEDSPIN adalah lomba sains kedokteran terbesar se-Indonesia.

Menurut Sutoyo, lomba ini diminati siswa SMA kelas 12, tidak hanya lokal tetapi juga luar negeri. Diantaranya, Malaysia, Timor Leste, Thailand, Singapura, Taiwan, Philipina. Sedangkan peserta lokal, kata dia, berdasarkan data peserta lomba 2018 mencapai 17.500 peserta. Adapun tujuannya, untuk mengenalkan siswa dengan dunia kesehatan. (bw)